PERENCANAAN SHAFT DAN STERN TUBE KM PERINTIS 2000 GT DI PT ORELA BAHARI

DESIGN OF SHAFT AND STERN TUBE KM. PERINTIS 2000 GT IN PT. ORELA SHIPYARD

M. Andrean Miftaqul Huda (6313030073)


Abstrak

Pada saat ini, terdapat proyek baru di galangan kapal PT. ORELA SHIPYARD yaitu proyek kapal perintis yang bernama KM. Perintis 2000 GT. Salah satu pengerjaan proyek kapal pada bagian penggerak. Penggerak kapal yang dimaksudkan adalah mesin kapal. Dimana tenaga dari mesin yang dikeluarkan akan disalurkan ke gearbox yang seterusnya menggerakan propeller sehingga kapal bergerak. Untuk mengkonversikan pergerakan itu, maka di perlukan shaft dan juga stern tube. Stern tube adalah tabung kedap yang akan menjadi penyalur pelumasan pada shaft tersebut. Maka dari itu direncanakan shaft dan stern tube untuk menyempurnakan sistem pada sistem penggerak kapal. Pada perencanaan shaft dan stern tube ini harus sesuai standard yang telah ditetapkan pada rule yaitu BKI, agar pada perencanaan ini sesuai dengan harapan. Pross perhitungan perencanaan shaft meliputi diameter shaft, bentuk ujung poros pada stern tube, mur pengikat propeller, pasak propeller, lapisan pelindung, dan kopling. Sedangkan perhitungan perencanaan stern tube meliputi panjang bantalan belakang, panjang bantalan depan, tebal bantalan, dan tebal stern tube. Dari hasil perhitungan kondisi pada material shaft carbon steel (S45C) menurut kriteria luluh, didapatkan kriteria Rankine sebesaar 30,97849071 MPa< 580 MPa, Tresca sebesar 27,96204537 MPa < 290 MPa dan kriteria von mises sebesar 48,5250< 580 MPa. dan stainless stell (st 60) menurut kriteria luluh, didapatkan kriteria Rankine sebesaar 30,97849071 MPa< 590 MPa, Tresca sebesar 27,96204537 MPa < 295 MPa dan kriteria von mises sebesar 48,5250< 590 MPa. Ketiga hasil kriteria tersebut dapat disimpulkan material carbon steel (S45C) dan stainless steel (st 60) belum luluh. Untuk kriteria keluluhan material carbon steel (S45C) dan stainless steel (st 60) , nilai Von mises mengunakan Softwere autodesk inventor 2015 yaitu pada warna biru dengan nilai keluluhan antara 0,2 MPa sampai 80,7 MPa. Sehingga material masih belum luluh dan dapat digunakan. Kata kunci : KM. Perintis 2000 GT, shaft, stern tube, kriteria luluh


Abstract

At this time, there is a new project in the shipyard PT. ORELA SHIPYARD that is pioneer ship project called KM. Perintis 2000 GT. One project on the part of the ship propulsion. Ship propulsion is meant the ship's engine. Where the power from the engine be taken out will be distributed into the gearbox which in turn drive the propeller so the ship is moving. To convert that movement, it needs shafts and stern tube. Stern tube is sealed jar that will be channeling the lubrication on the shaft. Thus the planned shaft and stern tube to enhance the system on ship propulsion systems. In planning the shaft and stern tube should be according to standards specified in the rule is that the BKI, so this planning corresponding with expectations. The calculation process includes planning shaft diameter shafts, shaft tip shape at the stern tube, propeller nut fastener, pegs propeller, the protective layer, and a clutch. While planning calculation includes long stern tube rear bearing, front bearing length, and thickness of stern tube. From the calculation of the condition of the shaft material carbon steel ( S45C ) according to the criteria of yield, obtained Rankine criteria for 30.97849071 MPa < 580 MPa, Tresca at 27.96204537 MPa < 290 MPa and criteria von mises of 48.5250 < 580 MPa and stainless stell (st 60) according to the criteria of yield , obtained Rankine criteria for 30.97849071 MPa < 590 MPa, Tresca at 27.96204537 MPa < 295 MPa and criteria von mises of 48.5250 < 590 MPa. These three criteria can be summed up results of carbon steel material ( S45C ) and stainless stell (st 60) not yield. Yield criteria material for carbon steel ( S45C ) and stainless steel (st 60), the value of Von mises Softwere use autodesk inventor 2015 that the blue color with yield value between 0.2 MPa to 80.7 MPa. So that the material is still not yield and can be use . Key word : KM. Perintis 2000 GT, shaft, stern tube, criteria of yield


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Bambang Antoko
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2013


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.