REDESAIN SAMBUNGAN PADA SCREW CONVEYOR DI PT. SEMEN INDONESIA (PERSERO) PABRIK TUBAN

Redesign Shaft Screw Conveyor At PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. Tuban

M. Maftuh Uzam Muzaqi (6313030067)


Abstrak

Pada unit kerja pemeliharaan mesin packer dan pelabuhan PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. Pabrik Tuban, Terdapat sebuah masalah tiap tahun yang hampir sama. Khususnya pada mesin packer yang terdapat pada Tuban 1, masalah tersebut terdapat pada screw conveyor yang sering kali mengalami patah pada sambungan tiap segmen. Hal ini dapat mengakibatkan terganggunya proses produksi semen yang ada di packer Tuban 1. Dalam Redesain ini fokus penelitian ditujukan pada masalah sambungan baut screw conveyor.Pada penelitian ini akan dilakukan perhitungan laju aliran material , putaran screw conveyor, torsi screw conveyor , daya screw conveyor dan beban yang ada di sambunganyang nantinya akan menemukan kekuatan dan juga jenis baut yang akan digunakan. Dari perhitungan yang telah dilakukan,diketahui bahwa torsi awal baut di bawah standard sehingga sering patah. Kemudian, dalam perhitungan ini ukuran lubang baut berubah dari 10 mm menjadi 12 mm dengan Steel Grade 12.9 dan torsi 145 Nm.


Abstract

At work unit packer and port machinery maintenance PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. Tuban, There is a problem that is almost the same every year. Especially on machines packer contained in Tuban 1, the matter contained in the screw conveyor which is often fractured at the junction of each segment. This may result in disruption of existing cement production process in Tuban packer 1. In this Redesign focus of research aimed at the problem of screw bolt connection conveyor.Pada this research will be the calculation of the rate of material flow, conveyor screw rotation, torque screw conveyor, screw conveyor and load power in shaft will find the strength and type of bolt that will used. From the calculations have been done, it is known that the initial torque bolts under the standard so that all too often broken. Then, in this calculation bolt hole size changes from 10 mm to 12 mm with Steel Grade 12.9 and torque of 145 Nm.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Budi Prasojo
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2013


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.