REDESAIN JALUR PIPA UTAMA SISTEM UDARA BERTEKANAN DI AREA TANGKI TIMBUN (STUDI KASUS TERMINAL LPG SEMARANG)

MAIN PIPE LINES RE-DESIGN OF AIR PRESSURE SYSTEM IN THE AREA STORAGE TANK (TERMINAL LPG STUDY CASE SEMARANG)

Atsil Dzakwan (6313030058)


Abstrak

ABSTRAK Jalur perpipaan sistem udara bertekanan di Terminal LPG Semarang mengalami defleksi di beberapa titik, untuk proses perbaikan pada pipa tersebut sangatlah berbahaya di karenakan pipa tersebut berdekatan dengan pipa LPG. Untuk mengatasi permasalahan tersebut tidaklah mudah dikarenakan fluida yang mengalir pada pipa yang berdekatan merupakan fluida yang mudah terbakar. Pekerja tidak dapat melakukan pengelasan langsung ataupun pemotongan pada pipa udara bertekanan dikarenakan resiko yang ditimbulkan terlalu besar. Sehingga untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan melakukan redesain pada jalur utama pipa sistem udara bertekanan. Tugas akhir ini bertujuan untuk mendesain ulang jalur pipa utama sistem udara bertekanan di area tangki timbun Terminal LPG Semarang agar didapatkan desain yang optimal. Fokus tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui diameter pipa dan schedule yang efektif, tekanan yang diizinkan pada pipa, jarak support dan jumlah support yang akan digunakan, serta kapasitas yang dibutuhkan pada setiap peralatan pneumatik SDV. Perancangan ulang jalur utama sistem udara bertekanan di Terminal LPG Semarang ini menggunakan standard ASME B31.3.. dan untuk perhitungan sesuai dengan ketentuan ASME B31.3. Berdasarkan perhitungan diameter dan schedule pipa yang efektif maka dipilih dengan pipa yang berdiameter 2,5 in sch 5S, allowable pressure pada pipa yang digunakan sebesar 202,58 psi, pipe span yang diizinkan adalah 58,052 in, jumlah support yang digunakan untuk line 1, 2, 3, 4 sebanyak 73 support dan untuk line 5 sebanyak 19 support, untuk kapasitas udara yang dibutuhkan pada setiap peralatan SDV sebesar, untuk SDV 10? 11,741 ?in?^3/s, untuk SDV 8? 25,166 ?in?^3/s, untuk SDV 4? 20,443 ?in?^3/s, dan besar kerugian tekanan pada jalur sistem udara bertekanan sebesar 32,444 psi. Kata kunci : Defleksi, Redesain, LPG, Perpipaan, Tangki Timbun, SDV.


Abstract

ABSTRACT The piping to the pressurized air system on LPG Terminal Semarang deflection at some point, for the repair process in the pipeline is dangerous because the pipe adjacent to the LPG pipe. To overcome these problems is not easy due to the fluid flowing in the pipe adjacent to the combustible fluid. Workers can not do a direct welding or cutting on a pressurized air pipe because the risks are too great. So as to overcome these problems is by redesigning the main line pipe of pressurized air system. This final project to redesign the main pipe line system of pressurized air in the area of Semarang LPG storage tank terminal in order to obtain the optimal design. The focus of this thesis to determine pipe diameter and effective schedule, which allowed pressure on the pipeline, distance support and the amount of support that will be used, as well as the capacity required at each SDV pneumatic equipment. Redesign of the main lines in the compressed air system Semarang LPG Terminal uses standard ASME B31.3. and for the calculation in accordance with the provisions of ASME B31.3 . Based on the calculation of pipe diameter and schedule effective then selected by a pipe with a diameter of 2,5 in sch 5S, allowable pressure on pipe used at 202,58 psi, pipe span allowed is 58,052 in, support used for line 1, 2, 3, 4 is 73 support dan on line 5 by 19 support, for air capasity requaired at each pneumatic equipment, for SDV 10? is 11,741 ?in?^3/s, for SDV 8? is 25,166 ?in?^3/s, for SDV 4? is 20,443 ?in?^3/s, and the losses pressure in the system 32,444 psi. Keyword : Deflection, Re-design, LPG, Piping, Storage tank, SDV.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Pekik Mahardhika
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2013


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.