ANALISA PENGARUH PENGGANTIAN REED VALVE PADA MOTOR BENSIN 2 LANGKAH TERHADAP OUTPUT DAYA DAN EFISIENSI BAHAN BAKAR (STUDI KASUS MESIN MOTOR NINJA R 150)

Analysis The Effect of Reed Valve Replacement in 2 Strokes Gasoline Motor Toward Power and Fuel Consumption Efficiency (Case Study Machine Motor Ninja 150 R)

Bowo Wahyu Setiaji (6313030052)


Abstrak

Motor bensin 2 tak adalah teknologi motor bakar dalam yang semakin ditinggalkan pada masa sekarang ini. Namun pada dasarnya motor bensin 2 tak mempunyai siklus yang lebih pendek dalam menghasilkan tenaga, pasalnya hanya dengan satu kali putaran poros engkol saja sudah dapat menghasilkan usaha pada mesin. Dasar dari pengerjaan studi ini adalah untuk meninjau kembali pengembangan yang dapat dilakukan pada motor bensin 2 tak. Pada Tugas Akhir ini permasalahan dikhususkan pada pengamatan performa setelah dilakukan penggantian Reed Valve atau katup buluh. Penggantian dilakukan dengan membandingkan spesifikasi katup bawaan standard motor dengan merk Boyesen Reeds. Dilakukan analisa meliputi perbedaan spesifikasi Reed Valve standar dengan merk Buoyesen reeds dan juga perubahan keluaran dayanya dan juga konsumsi bahan bakar yang terjadi baik sebelum dan sesudah penggantian. Permasalahan dalam tugas akhir ini diselesaikan dengan cara analisa perubahan. Pengerjaan dilakukan dengan cara pengamatan melalui pengujian secara langsung pada dua kondisi motor yaitu, kondisi standard dengan kondisi setelah dilakukan penggantian membran. Kedua kondisi tersebut diuji secara langsung menggunnakan Dyno test, kemudian dilakukan pengambilan data hasil pengujian, untuk selanjutnya dilakukan perhitungan konsumsi bahan bakar menggunakan rumus-rumus yang diperlukan untuk masing-masing kondisi. Setelah dilakukan perhitungan, dilanjutkan dengan proses analisa hasil perhitungan untuk dapat mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan perubahan performa motor. Kesimpulan dari pengerjaan Tugas Akhir ini adalah diketahui perbedaan spesifikasi meliputi ; perbedaan material membran, jumlah kelopak membran, sistem distribusi bahan bakar yang digunakan membran, dan juga rentan rpm maksimal untuk tiap membran. Lalu, dari hasil pengujian grafik Dyno test didapati perbedaan keluaran daya sebesar 4,5% dari semula 28,624 HP menjadi 29,914 HP untuk konsumsi bahan bakar yang sama yaitu sebesar 0,923 liter/jam. Didapati penggantian Reed Valve meningkatkan efisiensi mesin, dengan konsumsi bahan bakar yang sama mampu menghasilkan keluaran daya yang lebih besar setelah dilakukan penggantian Reed Valve.


Abstract

A 2-stroke gasoline motor is an engine that being abandoned at the present time. But, basically 2-stroke gasoline motor have shorter cycle to generate power. The basic of this final project is to review development that can be done on 2-stroke gasoline engine. With only a bit part replacement 2-stroke motor can produce a much better performance. In this final project, the specific problem that will discuss is performance observation after doing Reed Valve replacement. The replacement is done by comparing the standard Reed Valve specification with Buoyesen Reeds and also the power output before and after the replacement. The problem in this thesis solved by means of analysis, so data collecting done by studying the performance of Reed Valve based on the literature and experiment directly. By observation through direct testing on two conditions, standard condition and after Reed Valve replacement. Both condition are tested directly using Dyno test, then do the test data collection, for further calculating the fuel consumption using formulas for each condition. After calculation, proceed with the analysis of the calculation results to be able to know what are the factors that cause changes in motor performance. Final conclusion of this final project are known the differences in specifications includes ; membrane material, the number of petal membrane, fuel distribution system, and also maximum prone rpm for each membrane. Then, the graphic Dyno test result were found the difference in power output by 4,5% from the previous 28,624 HP to 29,914 HP for the same Fuel consumption that is 0,923 litre/hour.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Sudiyono
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2013


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.