ANALISA PENGARUH VISKOSITAS PELUMAS TERHADAP DAYA DAN UMUR BANTALAN POROS ENGKOL PADA MESIN DAIHATSU 6 PS TBM 26 DS KMP PRATHITA IV

ANALYSIS OF THE EFFECT OF LUBRICATING VISCOSITY TO THE POWER OF THE ENGINE CRANKSHAFT BEARINGS DAIHATSU 6 PS TBM 26 DS KMP PRATHITA IV

Muchamad Ridwan (6313030049)


Abstrak

Pelumas merupakan fluida cair yang mempunyai peranan pentingpada suatu elemen mesin yang berfungsi untuk menyelesaikan masalah ? masalah yang ditimbulkan seperti getaran, kebisingan, kerusakan benda gesek, dan lain ? lain yang diakibatkan oleh adanya peristiwa yang terjadi.Akan tetapi pemberian pelumas pada mesin juga akan memberi efek terhadap kinerja elemen mesin antara lain berupa besar putaran poros, daya mesin yang ditransmisikan dan umur bantalan poros engkolnya. Jadi, penelitian ini dilakukan untuk menganalisa pengaruh dari variasi kekentalan pelumas pada mesin Daihatsu 6 PS TBM 26 DS, berupa pengaruhnya terhadap daya IHP dan umur bantalan poros engkolnya. Penelitian ini dilakukan pada KMP Prathita IV. Adapun mengenai pelumas yang digunakan pada engine ini adalah 3 jenis pelumas Meditran SAE dengan kekentalan yang berbeda diantaranya adalah SAE 30, 40, 50. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisa didapatkan data dengan meggunakan pelumas Meditran SAE 30 dengan putaran 150 rpm sampai 450 rpmdaya yang dihasilkan sebesar 137,8965 HP sampai 431,9596 HP; menggunakan pelumas Meditran SAE 40 dengan putaran 140 rpm sampai 445 rpm daya yang dihasilkan sebesar 129,6248 HP sampai 412,0217 HP; menggunakan pelumas Meditran SAE 50dengan putaran 132 rpm sampai 439 rpm daya yang dihasilkan sebesar 122,7042 HP sampai 408,0845 HP. Dari hasil perhitungan umur bantalan poros engkol dengan ketentuan nilai wear factor 5 x ?10?^(-7) mm?/Nm didapatkan data dengan menggunakan pelumas Meditran SAE 30 berkisar ? 3,18 tahun, menggunakan pelumas Meditran SAE 40 berkisar ? 3,22 tahun, menggunakan pelumas Meditran SAE 50 berkisar ? 3,26 tahun.


Abstract

Lubricant is a liquid fluid that has an important role on a machine element that serves to solve the problem posed such as vibration, noise, damage to objects swipe, and others are caused by the events that occurred. But the giving of lubricant on the machine will also give effect to the performance of the machine elements which include a large round shaft and crank shaft bearing life. So, this study was conducted to analyze the effect of lubricant viscosity variation on the engine Daihatsu 6 PS TBM 26 DS form of influence on power IHP and the crank shaft bearing life. Tjis study carried out on KMP Prathita IV. As for the lubricant used on this engine is 3 types of lubricant Meditran SAE with different viscosity of which is SAE 30, 40, 50. Based on the calculation and analysis of data get using Meditran lubricant SAE 30 with rounds of 150 rpm to 450 rpm power generated at 137.8965 HP to 431.9596 HP;using lubricants Meditran SAE 40 with a round of 140 rpm to 445 rpm power generated at 129.6248 HP to 412.0217 HP;using lubricants Meditran SAE 50 with a round of 132 rpm to 439 rpm power generated at 122.7042 HP to 408.0845 HP. From the calculation of the lifetime of crankshaft bearings with the provisions of wear factor value of 5 x ?10?^(-7) mm?/Nm data get using Meditran lubricant SAE 30ranges from ? 3.18 years,using lubricants Meditran SAE 40ranges from ? 3.22 years,using lubricants Meditran SAE 50 ranges from ? 3.26 years.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Pekik Mahardhika
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2013


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.