MODIFIKASI SISTEM PENDINGIN MESIN INDUK DAN STERN TUBE PADA KAPAL LCU DI PT. PAL INDONESIA (PERSERO)

Engine Cooling System Modifications and Stern Tube on Ship LCU PT. PAL INDONESIA (Persero)

Dedy Yusuf (6313030042)


Abstrak

Kapal LCU yang sedang dibuat di PT. PAL Indonesia (Persero) kapal LCU merupakan sebuah kapal perang pendarat digunakan untuk mengangkut tank, panser, prajurit atau logistik jenis kapal ini amfibi yang difungsikan sebagai patroli lepas pantai. Seperti kapal lainnya, kapal ini juga dipasang sistem pendingin untuk pengoprasionalnya. Pada kapal LCU terdapat inboard main engine dengan sistem-sistemnya. Sistem pendingin di kapal LCU dirasa kurang dalam memenuhi pendinginan akibatnya main engine overheating. Apalagi pada saat kapal melakukan sea trial bermanuver, membuat pompa sea water bertambah beban saat kecepatan dari main engine tidak stabil, ditambah head losses yang ada pada pipa. Maka dari itu perlu dilakukan perhitungan ulang dalam kapasitas dan head pompa yang berada pada main engine dan stern tube. Dari hasil perhitungan yang diperoleh nantinya debit sea water agar memenuhi pendinginan dan bersirkulasi dengan baik, sesuai dengan instalasi yang ada. Hasil modifikasi perubahan desain jalur pipa yang baru dengan perbaikan berupa penambahan panjang pipa dan fitting. Dihasilkan kebutuhan saat pendinginan mesin induk dan stern tube total 16,45 m3/hr terpenuhi setelah hasil head total modifikasi sebesar 8,1565 m dan didapat daya pompa menurut spesifikasi 0,75 Kw. Kata kunci : pendingin, Main Engine, Stern Tube, head losses


Abstract

LCU ships are being built at PT. PAL Indonesia (Persero) aboard a warship LCU landing craft used to transport tanks, armored cars, soldiers or logistics of this type amphibious ship that functioned as offshore patrol. Like the other ships, these ships also mounted cooling system for operational. On the ship there LCU play inboard engine with its systems. The cooling system on board LCU is missing in considered the main engine cooling as a result of overheating. Especially when they do a sea trial the vessel to maneuver, making sea water pump increases the load when the speed of the main engine is not stable, plus the head losses that exist on the pipe. Thus it is necessary for the re-calculation of capacity and pumping head located on the main engine and the stern tube. From the calculation results obtained later discharge sea water in order to meet the cooling and circulate properly, in accordance with the existing installation. The result of the modification of design changes that the new pipeline to repair the form of additional length of pipe and fittings. Is generated when the engine cooling needs of the parent and the stern tube total 16.45 m3/hr fullfilled after the results of the total head modification of 8.1565 m and obtained pump power according to the specification of 0.75 Kw. Key words: cooling, Main Engine, Stern Tube, head losses


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Mardi Santoso
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2013


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.