Perencanaan Sistem Ventilasi Dan Saluran Udara Pada Kamar Mesin Kapal (Study Kasus Pada Kapal Perintis 2000GT Di PT.ORELA SHIPYARD)

PLANNING OF VENTILATION SYSTEM AND AIR DUCT IN THE SHIP'S ENGINE ROOM (Study Case at 2000GT Ship Pilot in PT. ORELA SHIPYARD)

Husnul Khotimah (6313030039)


Abstrak

Kapal perintis 2000 GT merupakan proyek pembangunan kapal baru dari Kementerian Perhubungan yang sedang dibangun di galangan PT. ORELA SHIPYARD yang diagendakan akan selesai pada tahun 2017. Pada proyek ini belum dibuat sebuah perencanaan sistem ventilasi dan pengkondisian udara untuk kamar mesin (engine room). Sistem ventilasi dan saluran udara udara merupakan hal yang sangat penting untuk mendapatkan kenyamanan khususnya di dalam kamar mesin. Perancanaan ini akan dijadikan acuan oleh perusahaan terkait untuk merencanakan sistem ventilasi dan saluran udara pada kapal tersebut. Pada perencanaan ini akan menghitung heating load yang diderita oleh kamar mesin, kapasitas udara yang harus disuplai ke dalam kamar mesin sesuai standard yang digunakan yaitu ASHRAE, ISO 8861 Standar Internasional dan ISO 8861 Standar India, menentukan daya fan dan deain saluran udaran. Hasil perhitungan dari kapasitas udara menggunakan ASHRAE, ISO 8861 Standar Internasional dan ISO 8861 Standar India adalah relatif sama. Dengan mempertimbangkan kebutuhan udara untuk pembakaran dan diamter ducting maka dalam perencanaan ini mengacu pada hasil perhitungan dari ISO 8861 Standar Internasional yaitu sebesar 35258,19 cfm. Safety factor dari perencanaan adalah sebesar 15% sehingga dipilih axial fan Twin City tipe 445, 300, 300 QSL dengan kapasitas udara 40000, 25000, 15500 cfm dan daya fan 72,53 ; 14,88 ; 4,59 BHP untuk intake ventilation engine room, exhaust ventilation ME Room dan exhaust ventilation AE Room.


Abstract

2000GT ship pilot project is construction of new vessels from the Ministry of Transportation are being built at the shipyard PT. ORELA SHIPYARD are scheduled to be completed in 2017. In this project has not yet made a planning ventilation and air conditioning system for the engine room. Ventilation systems and air ducts of air is very important for comfort, especially in the engine room. These plans will be referred to by the related company to plan the ventilation systems and air ducts on the ship. In this planning will calculate the heating load in the engine room, the capacity of air to be supplied to the engine room as standard used is ASHRAE, ISO 8861 and ISO 8861 International Standards of Indian Standards, determine the power of fans and duct design. The results of the air capacity using ASHRAE, the International Standards ISO 8861 and ISO 8861 Standard India is relatively the same. Taking into account the need of air for combustion and the diameter of the ducting in the planning of this refers to the calculation of the International Standard ISO 8861 in the amount of 35258.19 cfm. Safety factor of planning is by 15% so that the selected axial fan Twin City 445, 300,300 QSL with a capacity of 40000, 25000, 15500 cfm of air and fan power 72,53 ; 14,88 ; 4,59 BHP for intake ventilation engine room, exhaust ventilation ME Room dan exhaust ventilation AE Room.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :George Endri K
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2013


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.