ANALISA PERUBAHAN TIMING FUEL INJECTION PUMP TERHADAP PERFORMA MESIN DIESEL PADA UNIT FORKLIFT MAWAR JENIS ISUZU 4JG2

ANALYSIS OF ALTERATION TIMING FUEL INJECTION PUMP TOWARD ISUZU 4JG2 TYPE ENGINE PERFORMANCE ON FORKLIFT MAWAR UNIT

Ridwan Soegianto (6313030029)


Abstrak

ANALISA PERUBAHAN TIMING FUEL INJECTION PUMP TERHADAP PERFORMA MESIN DIESEL PADA UNIT FORKLIFT MAWAR JENIS ISUZU 4JG2 Nama Mahasiswa : Ridwan Soegianto NRP : 6313030029 Jurusan : Teknik Permesinan Kapal, PPNS Dosen Pembimbing : Edi Haryono, ST., MT. Abstrak Forklift adalah jenis alat berat yang digunakan untuk mengangkat barang sebagai pengganti tenaga manusia yang menggunakan penggerak mesin diesel ataupun tenaga battery. Forklift membutuhkan penggerak dengan daya yang besar, Kebutuhan daya yang besar pada forklift membuat masalah akan peningkatan performa motor diesel menjadi bahasan penting, proses pembakaran yang sempurna dapat memaksimalkan performa mesin, semua unsur pendukung terjadinya pembakaran harus berjalan dengan baik. Salah satu unsurnya adalah proses penyemprotan bahan bakar harus tepat sesuai timing. Waktu penginjeksian ini diatur melalui hubungan antara sistem injeksi bahan bakar (fuel cam) dengan timming gear yang tersambung dengan crankshaft engine. Pengaturan injeksi bahan bakar adalah mutlak untuk mendapatkan daya maksimum dan penghematan bahan bakar yang baik serta proses pembakaran yang sempurna. Jika bahan bakar diinjeksikan terlalu awal, maka penyalaannya akan lambat karena suhu udara pada titik ini tidak cukup tinggi. Keterlambatan yang berlebihan akan mengakibatkan operasi motor diesel yang kasar dan berisik serta memungkinkan kerugian bahan bakar karena pembasahan dinding silinder dan kepala torak. Akibatnya adalah boros bahan bakar dan banyak asap dalam gas buang. Dari hasil pengujian dapat diketahui apabila timing pompa bahan bakar tidak sesuai standar pabrikan mengalami penurunan daya pada mesin tersebut, pada konsumsi bahan bakar juga berpengaruh sehingga mesin menjadi lebih boros. Kata Kunci : Fuel Timing Injection, Performa Mesin, Varaiasi Gear Timing


Abstract

ANALYSIS OF ALTERATION TIMING FUEL INJECTION PUMP TOWARD ISUZU 4JG2 TYPE ENGINE PERFORMANCE ON FORKLIFT MAWAR UNIT Name : Ridwan Soegianto NRP : 6313030029 Department : Marine Engineering, PPNS Counsellor Lecturer : Edi Haryono, ST., MT. Abstract Forklift is type of heavy engine which use to lift goods as human power?s substitute with utilizes diesel machine or battery power. It needs huge driving force. The huge need of driving force on forklift makes diesel engine?s enhancement performance be a important discussion, the perfect combustion must work as well as possible. One of the factors is spraying fuel process must precise. This injection time be regulated through connection between injection system and fuel cam which the timing gear connected to crankshaft engine. The injections regulation of fuel is absolute to get maximum power and saving the fuel as well as perfect combustion. If the fuel be injected too soon, the combustion will slow because air temperature in that point is not high enough. Excessive delays will effect diesel engine operation be heavy and noisy with possibility of loss of fuel because cylinder wall and pistons head wet. There fore loss of fuel and much smoke in the exhaust gas. According the result of examination, can be known if timing fuel injection fuel which not accordance with factory default sustain power decrease in that engine, as well as the fuel consumption with result the engine will become more extravagant. Keywords : Timing Fuel Injection Pump, Performance Engine, Timing Gear Variation


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Edi Haryono
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2013


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.