ANALISA PEMELIHARAAN GENSET OLYMPIAN PADA ROTARY EQUIPMENT DI PT. PERTAMINA EP ASSET 4 FIELD CEPU

OLYMPIAN GENERATOR MAINTENANCE ANALYSIS OF ROTARY EQUIPMENT IN PT. 4 FIELD ASSET Pertamina EP Cepu

Syifaur Riza Al Giffari (6313030017)


Abstrak

Dalam mengetahui strategi pemeliharaan, nilai availability, serta MTBF dan MTTR pada komponen mesin diesel genset Olympian di PT. Pertamina EP Asset 4 Field Cepu. Hasil yang didapat dari analisa pemeliharaan ini yaitu komponen mesin diesel genset Olympian tersebut dapat diketahui bahwa strategi pemeliharaan yang sudah dilakukan oleh perusahaan adalah tindakan preventive maintenance 1, yaitu melakukan penggantian pelumas (replace engine oil filter). Untuk nilai availability mengalami penurunan masing-masing pada Oktober 2015 yakni 33,6 %, Nopember 2015 yakni 84,2 %, dan April 2016 yakni 91,1 %. Sedangkan untuk perhitungan nilai availability selama setahun (2015), maka diperoleh nilai availability sebesar 93,1 %. Adapun perhitungan MTBF diketahui bahwa komponen mesin diesel genset Olympian memiliki selang waktu kerusakan sebesar 30 jam. Sedangkan MTTR memiliki waktu perbaikan sebesar 161 jam setiap kerusakan. Sehingga dari data perbandingan antara MTBF dan MTTR dapat ditarik kesimpulan bahwa selang waktu rata-rata terjadinya kerusakan hanya berjarak 30 jam dengan rata-rata waktu penyelesaian perbaikan adalah 161 jam. Hal tersebut mengindikasikan bahwa sistem perawatan pada komponen tersebut masih belum optimal. Sehingga perlu dilakukan evaluasi kembali terkait strategi pemeliharaan yang sudah dilakukan oleh perusahaan. Kata kunci: availability, MTBF, MTTR, pemeliharaan


Abstract

In knowing your maintenance strategy, the value of availability, as well as MTBF and MTTR on Olympian genset diesel engine components in PT. Pertamina EP Cepu Field Asset 4. The results of this analysis, namely the maintenance of diesel engine components Olympian generator, it is known that the maintenance strategy that has been done by the company is the first preventive maintenance measures, namely the replacement of lubricant (replace engine oil filter). For availability value decreased respectively in October 2015 that is 33.6%, ie 84.2% in November 2015 and April 2016 that is 91.1%. While the results of forecasting availability (availability) in the above show that the value of MAPE large so it is advisable to use the method forecast (forecasting) the other. The calculation of MTBF is known that components of diesel gensets Olympian to have an interval of damage by 30 hours to obtain the value of MAPE small. While MTTR have time to repair any damage amounting to 161 hours. So from the comparison data between MTBF and MTTR can be deduced that the average interval of the damage is only 30 hours with an average time of completion of repairs is 161 hours. This indicates that the system maintenance on these components is still not optimal. So that needs to be re-evaluated on the strategy of maintenance that has been done by the company. Keywords: availability, MTBF, MTTR, maintenance


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Nurvita Arumsari
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2013


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.