ANALISA PENGARUH KERUSAKAN MEKANISME KATUP TERHADAP DAYA(IHP) MESIN PADA MOTOR DIESEL MTU 16V956TB82

ANALYSIS CONSEQUENCES DEMAGE OF VALVE MECHANISM TO THE POWER (IHP) ON DIESEL ENGINE MTU 16V956TB92

Mardika Dwi Ariyanto (6313030015)


Abstrak

ANALISA PENGARUH KERUSAKAN MEKANISME KATUP TERHADAP DAYA(IHP) MESIN PADA MOTOR DIESEL MTU 16V956TB82 Nama Mahasiswa : Mardika Dwi Ariyanto NRP : 6313030015 Dosen Pembimbing : Edy Haryono, ST.,MT ABSTRAK Mekanisme katup adalah suatu mekanisme buka tutup katup yang berfungsi sebagai laluan campuran bahan bakar dan udara masuk ke silinder atau sebagai laluan gas sisa pembakaran keluar silinder. Tiap Silinder pada motor diesel merk MTU type 16V956TB82 terpasang 4 (empat) buah katup yaitu 2(dua) katup hisap dan 2 (dua) katup buang. Mekanisme katup ada beberapa macam yaitu susunan slide valve, susunan over head valve, susunan single over head camshaft, susunan double over head camshaft, tipe desmodromic, dan tipe peneumatik. Mekanisme katup pada motor diesel merk MTU type 16V956TB82 memiliki jenis mekanisme katup over head valve dengan penggerak katup menggunakan tipe timing gear. Gangguan-gangguan yang sering terjadi pada mekanisme katup motor diesel MTU 16V956TB82 antara lain: celah katup terlalu lebar atau terlalu sempit cara mengatasinya dengan melakukan penyetelan ulang sesuai dengan ukuran standar spesifikasinya, sudut pembukaan dan penutupan katup kecil cara mengatasinya dengan melakukan penggantian poros nok bila sudah melewati batas limit pemakaian, posisi persinggungan katup dengan dudukan katup tidak rata dan tidak rapat cara mengatasinya dengan menggerinda dudukan katup dan melakukan penyekuran, tegangan pegas lemah cara mengatasinya dengan mengganti pegas katup. Daya merupakan kinerja yang dihasilkan oleh mesin. Daya dari suatu mesin bisa di ukur atau di perkirakan hingga titik tertentu, sejak tenaga dihasilkan sampai di gunakan. Terdapat beberapa unsur terbentuknya daya power indicated adalah yang dihasilkan oleh daya yang diukur tiap silinder Daya yang dihasilkan sebelum dilakukan overhaul dan sesudah dilakukan overhaul menunjukkan keberhasilan peningkatan daya mesin, yaitu pada putaran 500 rpm sampai 700 rpm menghasilkan peningkatan daya IHP dari 1314,72 HP sampai 1840,61 HP menjadi 1660,00 HP sampai 2324,00 HP. Dari data sesudah overhaul diketahui peningkatan daya mesin meningkat 20,8% dari daya sebelum di overhaul. Kata kunci : Daya IHP, Mekanisme Katup.


Abstract

ANALYSIS CONSEGUENCES DEMAGE OF VALVE MECHANISM TO THE POWER (IHP) ON DIESEL ENGINE MTU 16V956TB92 Name : Mardika Dwi Ariyanto NRP : 6313030015 Counsellor Lecturer : Edy Haryono, ST.,MT ABSTRACT The valve mechanism is a mechanism to open the valve cover that serves as a crossing of a mixture of fuel and air is getting into cylinders or as a gas route the rest of the burning out of the cylinder. Each Cylinder on diesel motor MTU type 16V956TB82 brand attached four (4) valve fruit that is 2 (two) of the suction valves and two exhaust valves. There are several kinds of valve mechanism, namely the arrangement of slide valve arrangement, over head valve arrangement, single over head camshaft, double over head camshaft arrangement, desmodromic type, and type peneumatik. The mechanism of the valve on a diesel motor MTU type 16V956TB82 brand has the type of valve mechanism over head valve with valve timing type using the driving gear. The disturbances often occur on the mechanism of diesel motor MTU 16V956TB82 valve: the valve gap is too wide or too narrow a way to solve it by doing a reset in accordance with standard size specifications, the angle of the valve opening and closing small fix by doing the replacement shaft nok if it passed the limit of use, position the critical interface valve valve holder with uneven and not meeting the fix with the menggerinda valve holder and do penyekuran weak spring tension, how to overcome it by replacing the valve spring. Power is generated by the engine's performance. The power of a machine can measure or at least expect them to a certain point, since the power generated to use. There is some element of the formation of the power indicated power is generated by the power measured each cylinder The resulting power before and after overhaul done done overhaul indicating success increased engine power, namely on lap 500 rpm to 700 rpm result in increased power IHP from HP to HP 1840.61 1314.72 be 1660.00 2324.00 to HP. HP from the data after the overhaul are known to increase the engine power increased by 20.8% of power before the overhaul. Keywords: power IHP, Valve Mechanism.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Edi Haryono
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2013


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.