ANALISA PERBEDAAN DAYA TEORITIS DENGAN DAYA AKTUAL PADA KINERJA MOTOR NDUK YANMAR 6N330

ANALYSIS DIFFERENCE OF THEORETICAL POWER WITH THE ACTUAL POWER ON THE PERFORMANCE OF THE MAIN ENGINE YANMAR 6N330

Muhammad Zakky Fuadi (6313030010)


Abstrak

Daya merupakan kemampuan sebuah motor bakar untuk menghasilkan tenaga dari proses konversi energi panas menjadi energi putar. Dalam pengoperasiannya, motor induk YANMAR type 6N330 memiliki laporan kinerja setiap sekali pelayaran. Dalam proses pelayaran, kapal membutuhkan daya untuk menggerakkan kapal. Daya ini memberikan pengaruh terhadap unjuk kerja percepatan motor. Daya motor dibedakan menjadi dua yaitu daya teoritis dan daya aktual. Daya teoritis adalah daya yang dihasilkan oleh motor induk di mana hasil perhitungan daya motor diperoleh dari data pada engine spec. Sedangkan Daya aktual adalah daya yang dihasilkan oleh motor induk di mana hasil perhitungan daya motor diperoleh dari data pengukuran langsung di lapangan atau data pengujian. dalam perhitungan akhir, Pada umunya terdapat perbedaan nilai antara perhitungan secara teoritis dan aktual. Dalam tugas akhir ini dilakukan analisa perbedaaan daya teoritis dan daya aktual yang dihasilkan pada motor diesel. Sehingga perhitungan dilakukan dengan cara data teoritis dan aktual motor diesel, agar dapat ditentukan daya efektif yang dihasilkan motor diesel . Berdasarkan perhitungan secara teoritis dan aktual, daya yang dihasilkan paling besar daya teoritis dengan diperoleh hasil 3498,1075 Hp, dengan putaran motor 620 rpm dan tekanan efektif rata-rata 22,50 ( kg/cm? ). Sedangkan daya yang dihasilkan secara aktual diperoleh hasil 1848,690 Hp dengan putaran motor 460 rpm dan tekanan efektif rata-rata diperoleh hasil 16,026 ( kg/cm? ). Sehingga didapat suatu kesimpulan bahwa terjadi perbedaan daya, karena besarnya daya yang dihasilkan motor diesel tidak selalu konstan. Besarnya daya yang dihasilkan salah satunya tergantung pada tinggi rendahnya putaran mesin dan tekanan efektif rata-ratanya . Kata kunci : Daya Teoritis , Daya Aktual , Perbedaan Daya, Engine Spec.


Abstract

Power is the ability of an internal combustion engine to generate power from the conversion process heat energy into rotary energy. In operation, the main engine YANMAR type 6N330 has a performance report once every cruise. In the process of the cruise, the ship need power to move the ship. This power to give effect to the acceleration of the motor performance. Motor power divided into two theoretical power and actual power. Theoretical power is the power generated by the main engine where engine power calculation results obtained from the data on spec engine. While the actual power is the power generated by the main engine in which the calculation results obtained from the motor power measurement data directly in the field or test data. in the final calculation, In general, there is a difference in value between theoretical calculations and actual. In this final project to analyze differences in theoretical power and the actual power generated in diesel motors. So the calculation is done by means of theoretical data and actual diesel engine, in order to set the effective power produced by diesel motors. Based on theoretical calculations and actual, most power generated by the theoretical power 3498.1075 Hp result, the motor rotation 620 rpm and mean effective pressure of 22.50 (kg / cm?). While the actual power generated result 1848.690 Hp, with motor rotation 460 rpm and mean effective pressure results obtained 16.026 (kg / cm? ). In order to get a conclusion that there is a difference, since the amount of power produced by diesel motor is not always constant. The amount of power produced one high or low depending on the engine rotation and mean effective pressure. Key words: Theoretical Power, Actual Power, Difference Power, Engine Spec.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Dimas Endro Witjonarko
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2013


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.