PERENCANAAN SISTEM BILGA PADA KAPAL PHINISI SINAR HARAPAN III DI PT. F1 PERKASA

DESIGN BILGE SYSTEM IN PHINISI III SINAR HARAPAN IN PT. F1 PERKASA

Fathurosi (6313030007)


Abstrak

Kapal Phinisi inimerupakan kapal barang tradisional yang berasal dariMakassar, yang sudah di lengkapi dengan penggerak motor(mesin).Namun dari sistem bilganya masih manual, akan tetapi kapal ini akan di rubah desain menjadi kapal Pesiar yang mana mengantarkan wisatawan untuk berkeliling pulau dengan maximum berlayar 5 hari. Oleh karena itu di rencanakan untuk pembuatan sistem bilga yang sesuai standart dari International Maritime Organizaton (IMO). Agar cairan bilga yang di buang ke luar kapal tidak mencemari laut. Pada perencanaan tersebut dilakukan pembuatan desain jalur pipa,menghitung kapasitas dan jumlah tangki yang di butuhkan selama waktu berlayar, dan menghitung spesifikasi pompa. Selanjutnya menghitung kapasitas dan daya OWS (Oily Water Separator),serta menghitung diameter pipa yang di butuhkan pada sistem bilga. Dengan demikian dari hasil perhitungan didapatkan 2 buah tangki penyimpan, 1 pompa gear, 1 set Oily Water Separator (OWS), serta sistem perpipaannya. Dengan pompa gear mempunyai putaran 850 rpm, daya 0,3 HP, kapasitas 1,5 m3/h dan Head 20 m. sedangkan kapasitas Oily Water Separator (OWS) 1,0 m3/h dengan daya 2,70 kW. Pipa yang di gunakan yaitu pipa PVC dengan diameter luar 60 mm. Kata kunci : Sistem bilga, single bottom, Head dan daya pompa.


Abstract

Phinisi is a traditional cargo ships that come from Makassar, which is equipped with a drive motor (engine). But bilge system is still using manually, however this ship will be converted into a cruise ship which deliver travelers to around the island with a maximum sail 5 days. Therefore, it is planned to manufacture the bilge system suitable standards of the International Maritime Organization (IMO). In order bilge fluids are dumped overboard as not to pollute the sea. In the planning carried out the manufacture of pipeline design , calculate the capacity and number of tanks in need during the sailing time, and calculate the pump specifications. After that, calculate the capacity and power of OWS (Oily Water Separator) and calculate the pipe diameter is needed in the bilge system. Accordingly results of the analysis and calculations obtained two pieces of the storage tank, 1 pump gear, one set of Oily Water Separator (OWS), and piping system. With the gear pump has 850 rpm, the power 0.3 HP, capasity 1.5 m3 / h and head 20 m. While capasity Oily Water Separator (OWS) 1.0 m3 / h with a power 2.70 kW. Pipes used are PVC pipe with an outer diameter of 60 mm. Keywords: Bilge systems, single bottom, Head and pump capacity.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Projek Priyonggo Sumangun
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2013


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.