DESAIN ULANG PEMILIHAN POMPA PELUMASAN PADA MAIN ENGINE KAPAL MT. PAGERUNGAN DI PT. PAL INDONESIA.

RE-DESIGN SELECTION LUBRICATION PUMP ON MAIN ENGINE VESSEL MT. PAGERUNGAN IN PT. PAL INDONESIA

Moh. Zainal Abidin (6312030062)


Abstrak

ABSTRAK Pompa untuk sistem pelumasan main engine digunakan untuk memindahkan minyak pelumas dari sump tank menuju ke dalam main engine dengan tekanan tertentu. Tekanan yang dihasilkan oleh pompa harus mampu memenuhi tekanan yang di butuhkan oleh main engine untuk pelumasan. Turunya tekanan pelumasan untuk main engine, dapat menimbulkan gesekan yang besar terhadap komponen. Gesekan tersebut dapat menimbulkan panas yang menyebabkan temperature dari main engine menjadi naik. Sehingga main engine mengalami overheating yang berpengaruh pada kinerja dari main engine dan menyebabkan kecepatan kapal menjadi menurun. Untuk mendapatkan daya pompa dan memilih sebuah pompa perlu dilakukan perhitungan nilai pressure drop pada L. O Cooler, perhitungan head perbedaan kecepatan, head statis, head perbedaan tekanan, dan head loss. Perhitungan tersebut digunakan untuk mengetahui head pompa dan mendapatkan daya pompa yang sesuai. Diharapkan tekanan yang dihasilkan oleh pompa untuk mendistribusikan pelumas masuk main engine dapat terpenuhi sesuai spesifikasi. Dari hasil perhitungan di dapatkan nilai pressure drop pada L. O Cooler pada kapal MT. Pegerungan dengan tipe Heat Plate Exchanger sebesar 0,8641 bar. Memilih dan mendapatkan pompa screw untuk sistem pelumasan main engine dengan daya sebesar 17.8 kW. Pompa tersebut dapat memenuhi tekanan yang dibutuhkan untuk melumasi komponen main engine. Kata kunci: pompa, daya, pressure drop, tekanan, Heat Plate Exchanger.


Abstract

ABSTRACK Pumps for lubrication system used to move the main engine lubricating oil from the sump tank heading into the main engine with a certain pressure. The pressure generated by the pump must be able to meet the pressure needed by the main engine for lubrication. The fall in pressure lubrication for main engine, can cause great friction against components. Friction can cause heat causes the temperature of the main engine to be increased. So the main engine overheating that affects the performance of the main engine and caused the ship's speed to decrease. To get the pump power and choose a pump needs to be done calculation of pressure drop in L. O Cooler, calculation speed difference head, static head, head pressure difference, and head loss. The calculation used to determine the pump head and get the appropriate pump power. It is hoped the pressure generated by the pump to distribute the lubricant entrance main engine can be fulfilled according to specifications. From the calculation results in getting pressure drop in the value of L. O Cooler on the ship MT. Pegerungan with Plate Type Heat Exchanger amounted to 0.8641 bar. Choose and earn screw pump lubrication system for the main engine with a power of 17.8 kW. The pump can meet the pressure required to lubricate the main components of the engine. Keywords : Pump, Power, Pressure drop, Pressure, and Heat Plate Exchanger


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Heroe Poernomo
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2012


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.