Pemilihan Propeller pada Kapal Stategic Sealift Vessel (SSV) Philippina dengan Daya 2720 KW type 8L27/38 di PT PAL Indonesia (persero)

The Selection of Propeller type on Stategic Sealift Vessel (SSV) Philippines Ship With Power 2720 kW type 8L27/38 in PT PAL Indonesia (Persero)

Aditya Fajar Kurniawan (6312030059)


Abstrak

Pemilihan Propeller pada Kapal Stategic Sealift Vessel (SSV) Philippina dengan daya 2720 kW type 8L27/38 di PT PAL Indonesia (Persero) Nama Mahasiawa : Aditya Fajar Kurniawan NRP : 6312030059 Jurusan : Teknik Permesinan Kapal Dosen Pembimbing : Ir. MM. Eko Prayitno,M.MT Abstrak Dalam menunjang kinerja sistem propulsi pada kapal, memerlukan alat gerak mekanik untuk menghasilkan gaya dorong kapal berupa propeller. Propeller merupakan salah satu komponen penting dalam sistem propulsi. Perencanaan sistem propulsi pada kapal merupakan salah satu bagian dari proses pembuatan kapal secara umum. Sistem propulsi pada kapal sangatlah penting, dimana kapal harus mempunyai kemampuan olah gerak dan performa yang baik. Dalam kebutuhan sistem propulsi pada kapal, maka haruslah ada sebuah rancangan sistem propulsi yang efektif dan efisien. Untuk menunjang sistem ini dapat bekerja dengan baik, maka pada tugas akhir ini dilakukan pemilihan propeller untuk kapal Stategic Sealift Vessel (SSV) Philippine. Tipe baling-baling yang akan digunakan pada pemilihan propeller untuk kapal Stategic Sealift Vessel (SSV) Philippine adalah Wageningen B-Screw Series. Pada pemilihan propeller pada kapal Stategic Sealift Vessel (SSV) Philippine, di dapat propeller tipe daun B4-70 dengan diameter propeller sebesar 3,051 m dan efisiensi 64,8%, dimana efisiensi propeller sebesar 64,8% adalah yang paling baik dibandingkan dengan tipe daun B3, B5 dan B6 . Kemudian pada propeller tipe daun B4-70 tidak terjadi kavitasi. Dimana propeller daun B4-70 dengan nilai P/D sebesar 0,945 adalah yang paling baik dengan matching point yang paling bagus. Pada nilai P/D 0,945, kapal dapat berjalan pada kecepatan maksimum kapal sebesar 16 knot. Kata Kunci : Propeller, Diameter, Efisiensi, Kavitasi, Pitch


Abstract

The Selection of Propeller type on Stategic Sealift Vessel (SSV) Philippines Ship With Power 2720 kW type 8L27/38 in PT PAL Indonesia (Persero) Name : Aditya Fajar Kurniawan NRP : 6312030059 Department : Teknik Permesinan Kapal Consultants : Ir. MM. Eko Prayitno,M.MT Abstract In supporting performance propulsion systems on ships , require mechanical motion tool to produce such ships propeller thrust . Propeller is one of the important components in the propulsion system . Planning propulsion system in boats is one part of the shipbuilding process in general . The propulsion system on the ship is very important , where vessels must have navigation capabilities and a good performance . In need of propulsion systems on ships , then there must be an effective propulsion system design and efficient To support this system can work well , then in this final election stategic propeller for boats Sealift Vessel ( SSV ) Philippine . Vane type that will be used on election propeller for boats stategic Sealift Vessel ( SSV ) is a Philippine Wageningen B - Screw Series. At the election of the ship propeller stategic Sealift Vessel ( SSV ) Philippine , in the propeller -type leaf can B4-70 with propeller diameter of 3.051 m and efficiency of 64.8 % , where the propeller efficiency of 64.8 % was the best compared with the type of leaf B3 , B5 and B6 . Then on the type of leaf B4-70 propeller cavitation does not occur . Where propeller B4-70 leaf with a value of P / D of 0.945 was the best by matching the most good point . On the value of the P / D 0.945 , the vessel can run at a maximum speed of 16 knots boat . Keyword : Propeller, Diameter, Eficiency, Cavitation ,Pitch


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Muhammad Muhadi Eko Prayitno
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2012


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.