Analisa Pengaruh Tekanan Injector Terhadap Konsumsi Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Spesifik Di Forklift Diesel Tipe FD 25JT ? 12 Komatsu 4D94E Di PT. ISM. Bogasari Flour Mills

An Analysis On Effect Of Pressure Injector Fuel Consumption Spesific in Diesel Forklift type FD 25JT ? 12 Komatsu 4D94E At PT. ISM. Bogasari Flour Mills

Haafiizh Minzarul Qosamah (6312030058)


Abstrak

ABSTRAK Mesin diesel merupakan sistem penggerak utama yang banyak digunakan, baik untuk transpotasi maupun untuk alat penggerak atau pembangkit. Dikenal sebagai jenis motor bakar yang mempunyai efisien tinggi. Pengujian unjuk kerja konsumsi bahan bakar yang dilakukan pada mesin forklift diesel komatsu FD 25jt-12 dengan melakukan variasi tekanan injector untuk mengetahui konsumsi bahan bakar. Pada tugas akhir ini akan dibuat analisa mengenai pengaruh tekanan injector terhadap konsumsi bahan bakar. Pada mesin forklift diesel pengoperasiannya menggunakan bahan bakar solar, pengujian unjuk kerja konsumsi bahan bakar dilakukan pada tekanan injector 100, 110, 120, 130, 140 bar dan variasi putaran mesin 700, 1000, 1300, 1600, 1900 rpm, serta variasi beban angkat 0, 500, 1000 Kg. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa pada 5 tekanan injector dengan beban angkat 0 Kg ini menunjukkan bahwa konsumsi bahan bakar spesifik (SFOC) terendah yaitu variasi tekanan injector 130 bar pada putaran 1000 rpm dengan sfoc 127,72 gr/ kWh, sedangkan konsumsi bahan bakar yang tertinggi di variasi tekanan injector 100 bar pada putaran 700 rpm dengan sfoc 127,72 gr/kWh. Untuk beban angkat 500 Kg nilai terendah sfoc terdapat di terkanan injector 130 bar pada putaran 1000 rpm dengan sfoc 79,47 gr/kWh, dan nilai konsumsi bahan bakar tertingi terdapat di tekanan injector 100 bar pada putaran 700 rpm dengan sfoc 141,91 gr/kWh. Sedangkan untuk beban angkat 1000 Kg nilai terendah sfoc yang dihasilkan terdapat pada tekanan ijector 130 bar pada putaran 1600 rpm dengan sfoc 86,92 gr/kWh, dan nilai konsumsi bahan bakar yang tertinggi terdapat divariasi tekanan injector 100 bar pada putran 700 rpm. Dengan sfoc 170,30 gr/kWh. Maka pemilihan tekanan injector, putaran mesin, dan beban penggangkatan dapat mempengaruhi unjuk kerja konsumsi bahan bakar pada mesin forklift diesel. Kata Kunci : Injector, Konsumsi bahan bakar Spesifik (SFOC), Unjuk kerja mesin


Abstract

ABSTRACT A diesel engine is the prime mover systems which commonly used for transportation and generator. This engine is well known as a high efficient motor. The examination is about the performances of fuel consumption on diesel engine forklift Komatsu FD 25jt-12 by doing injector pressure variations to determine the fuel consumption. This final project will be made for an analysis on the effect of pressure on the consumption of the fuel injector. The operation of forklift is powered by diesel engine used solar fuel. The examined of the fuel performance performed at 100, 110, 120, 130, 140 bar and the variations spin machine 700, 1000, 1300, 1600, 1900 rpm, and variations load 0, 500, 1000 Kg. The result showed that five injectors pressure with a lifting load of 0 kg indicates that the lowest specific fuel oil consumption (SFOC) on injector variation pressure was on 130 bar and the rotation was on 1000 rpm with sfoc 127,72 gr/kWh. Otherwise, the highest consumption of injector pressure variation was on 100 bar and the rotation was on 700 rpm with sfoc 127,72 gr/kWh. For lifting load of 500 kg, the lowest sfoc was 79,47 gr/kWh gained from 130 bar of injector pressure and 1000 rpm for the rotation. Furthermore, the highest fuel consumption of 100 bar for the injector pressure and 700 rpm for the rotation had sfoc on 141,91 gr/kWh. Meanwhile, the lifting load of 1000kg had the lowest sfoc on the 130 bar of injector pressure with 1600 rpm for the rotation was on 86,92 gr/kWh. The highest consumption of injector pressure variation was on 100 bar with 700 rpm of rotation for 170,30 gr/kWh for the sfoc. Based on the findings; the election of the injector pressure, engine rpm and load removal can affect the performance of the fuel consumption in diesel forklift engine. Keywords: Engine performance, Injector, Specific Fuel Oil Consumption (SFOC),


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Edi Haryono
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2012


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.