Analisa Laju Korosi Pada Main Pipe Sea Chest KMP. Kormomolin

ANALYSIS OF CORROSION RATE ON THE MAIN PIPE SEA CHEST KMP. KORMOMOLIN IN PT. BEN SANTOSA

Franky Yonatan Hutauruk (6312030056)


Abstrak

Salah satu kerusakan pada pipa di kapal adalah korosi yang diakibatkan air laut. Kondisi lingkungan yang tropis dengan tingkat humiditas yang tinggi menjadikan pipa baja pada kapal akan lebih mudah terkorosi, khususnya pipa sea chest. Perawatan terhadap korosi pada sistem sea chest sangat diperlukan untuk menjaga pipa dalam keadaan layak operasi. Penelitian menggunakan spesimen pipa baja ASTM A53 berukuran 6? sch 80 dengan metode kehilangan berat (weight losses). Berdasarkan peraturan yang sesuai dengan klas BKI (Volume III, section 11) ketebalan minimum pada pipa sea chest adalah 4,664 mm. Dari hasil penelitian pada pipa sea chest KMP. Kormomolin didapatkan nilai kehilangan berat, laju korosi, dan ketebalan material pipa dalam hitungan per tahun. Berdasarkan hasil dari penelitian, nilai kehilangan berat yang paling tinggi pada main pipe sea chest 1 yaitu sebesar 1760,8054 gr. Berdasarkan hasil dari perhitungan, nilai rata-rata tertinggi laju korosi pada main line sea chest 1 di starboard side yaitu 0,20172906 mm/tahun. Tebal pipa pada main line sea chest 1 yaitu 9,33 mm dan masih sesuai dengan peraturan BKI (Volume III, section 11). Penggantian pipa tidak diperlukan karena masih dalam batas ketebalan minimum.


Abstract

One of damage in pipes on the ship is impacted by sea water corrosion. Tropical environmental conditions with high humidity levels make steel pipe on the ship will be more easily corroded, especially sea chest pipe. Treatment against corrosion in sea chest system is needed to keep the pipe in a decent state of operation. Research using ASTM A53 steel pipe 6" sch 80 specimens by the method of weight losses. The regulations of class BKI ( Volume III, section 11 ) minimum thickness at sea pipeline chest is 4.664 mm. The value of losing weight, the rate of corrosion, and thickness of the pipe material in unit per year are obtained from research in KMP. Kormomolin sea chest pipes. Based on the results of the research, the value of the highest weight loss in the main pipe sea chest 1 is 1760,8054 gr. Based on the results of the calculation, the value of the highest average rate of corrosion on the main line sea chest 1 in the starboard side is 0,20172906 mm / year. Thickness of pipe on the main line sea chest 1 that is 9.33 mm and it is still in accordance with BKI regulations ( Volume III, section 11 ). Replacement pipes are not necessary because it is still within the limits of a minimum thickness .


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Pekik Mahardhika
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2012


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.