Review Teknis Sistim Bahan Bakar Pada Kapal MT. Pangkalan Brandan di PT. PAL Indonesia

TECHNICAL REVIEW OF FUEL SYSTEMS ON SHIP MT. PANGKALAN BRANDAN AT PT. PAL INDONESIA

Adi Utomo Subagiyo (6312030055)


Abstrak

Tugas akhir ini mengangkat bahasan mengenai sistim bahan bakar pada kapal MT. PANGKALAN BRANDAN. Sistim bahan bakar pada kapal ini sangatlah rumit sehingga mengakibatkan Head dan Kapasitas pompanya besar. Sistem bahan bakar merupakan hal yang sangat penting. Masalah yang sering muncul pada sistim bahan bakar adalah kebocoran pipa, peforma pompa yang menurun, besarnya kapasitas dan head pompa. Sehingga perlu memperhatikan kapasitas, head pompa, panjang pipa, diameter pipa, katub dan aksesoris yang digunakan. Dari hasil perancangan menghasikan besarnya kapasitas dan head baru. Hasil perhitungan kapasitas dari HFO Transfer Pump pada desain sistim baru yaitu, Qnew < Qexist dengan Qnew = 9,56 m3/h dan Qexist = 10m3/h. Hasil perhitungan kapasitas dari MDO Transfer Pump pada desain sistim baru yaitu, Qnew < Qexist dengan Qnew = 2,95 m3/h dan Qexist = 3 m3/h. Hasil perhitungan head dari HFO Transfer Pump pada desain sistim baru yaitu, Hnew < Hexist dengan Hnew = 24,5134 meter dan Hexist = 30,14624 meter. Hasil perhitungan head dari MDO Transfer Pump pada desain sistim baru yaitu, Hnew < Hexist dengan Hnew = 6,608253 meter dan Hexist = 7,563632 meter. Pada sistem bahan bakar membutuhkan pipa 2,5? sepanjang 46,21632 meter, 1,5? sepanjang 33,88 meter. Aksesoris membutuhkan Gate valve sebanyak 10 buah, NRV sebanyak 2 buah, elbow sebanyak 18 buah, Tee sebanyak 4 buah, dan strainer sebanyak 2 buah. Kata kunci : Pompa, Sistem transfer, Sistem perpipaan, Head, Kapasitas


Abstract

This Final Project lift the discussion about fuel system on the ship MT. Pangkalan Brandan. Fuel system on the ship is very complicated, resulting huge Head and pump capacity. The fuel system is very important. The problem that often arises in the fuel system is leaking pipes, pumps Performance decreased, the amount of capacity and pump head. So the need to consider capacity, pump head, pipe length, diameter pipes, valves and accessories used. From the results of the design has resulted new amount of capacity and head. Results of calculation capacity of HFO Transfer Pump on the design of a new system, QNew < Qexist with QNew = 9.56 m3/h and Qexist = 10m3/h. Results of calculation capacity of MDO Transfer Pump on the design of a new system, QNew < Qexist with QNew = 2.95 m3/h and Qexist = 3 m3/h. The calculation result of HFO Transfer Pump head on the design of a new system, Hnew < Hexist with Hnew = 24.5134 meters and Hexist = 30.14624 meters. The calculation result of MDO Transfer Pump head on the design of a new system, Hnew


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Adi Wirawan Husodo
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2012


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.