ANALISA PENGGANTIAN MOTOR PENGGERAK KAPAL TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA KRI TENGGIRI

ANALYSIS OF REPLACEMENT SHIP PROPULSION ENGINE TO FUEL CONSUMPTION IN KRI TENGGIRI

Mohammad Fikri Adi Setyawan (6312030054)


Abstrak

ANALISA PENGGANTIAN MOTOR PENGGERAK KAPAL TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA KRI TENGGIRI Nama Mahasiswa : Mohammad Fikri Adi Setyawan NRP : 6312030054 Jurusan : Teknik Permesinan Kapal, PPNS Dosen Pembimbing : Agung Purwana, ST., MT ABSTRAK KRI Tenggiri adalah salah satu kapal perang milik indonesia, Kapal ini dibuat tahun 1968, berukuran panjang 32,72 m, lebar 6 m, bobot 146 ton, kecepatan maksimal 22 knot, kecepatan ekonomis 18 knot, dipersenjatai Meriam Bofors 40 mm dan 12,7 mm, dengan anak buah kapal 25 orang. Dikarenakan pemakaian motor penggerak kapal yang sudah 47 tahun sehingga terjadi penurunan performa dan kecepatan kapal dari 22 knots menjadi 12 knots. TNI AL melakukan penggantian mesin induk dari paxman type 16Y JCM dengan daya 2 X 1750 hp menjadi MTU type 12V4000M7O dengan daya 2 X 2250 hp agar dapat beroperasi sesuai dengan spesifikasi yang di inginkan. Berdasrkan perhitungan secara teoritis, besar daya motor penggerak kapal yang di perlukan untuk mencapai kecepatan 22 knots adalah sebesar 2 x 2250 Hp. Berdasarkan perhitungan secara teoritis yang telah di lakukan daya engine sebesar 2250 Hp sudah dapat memenuhi kecepatan kapal 22 Knot, dengan daya engine 2250 Hp daya tahan tangki bahan bakar masih aman dalam pelayaran patroli yang di lakukan oleh kapal KRI tinggiri. Kata Kunci : Tahanan kapal, Mesin Induk, Konsumsi bahan bakar


Abstract

ANALYSIS OF REPLACEMENT SHIP PROPULSION ENGINE TO FUEL CONSUMPTION IN KRI TENGGIRI Student Name : Mohammad Fikri Adi Setyawan NRP : 6312030054 Department : Teknik Permesinan Kapal, PPNS Counsellor Lecturer : Agung Purwana, ST., MT ABSTRACT KRI Tenggiri is one of Indonesian war vessel, this ship made in 1968, sized long 32,72 m, width 6 m, weight 146 tons, speed maximum 22 knots, speed economical 18 knots, armed Meriam Bofors 44 mm and 12,7 mm, with 25 people crews. Because to the use of the activator motor a ship which has been 47 years, resulting in decreased performance and speed of ships from 22 knots to 12 knots. TNI AL do the replacement of machine parent of paxman type 16Y JCM with power 2 x 1750 hp to be MTU type 12V4000M7O with power 2 x 2250 hp in order to operate in accordance with specifications is in want. Based on the calculation theoretically, large power the activator motor a ship that are needed to reach speed is 22 knots is equal to 2 x 2250 Hp. Based on the calculation theoretically that has been in power do engines of 2 x 2250 Hp have been Able to meet the ships speed of 22 Knots, with an engine 2 x 2250 Hp endurance the fuel tank is still safe in seamanship a patrol in doing by a ship KRI tinggiri. Key Word : Ship Resistance, Repowering, Fuel Consumption


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Agung Purwana
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2012


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.