ANALISA PENGARUH PENGANGKATAN BEBAN TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR SPESIFIK PADA FORKLIFT DIESEL TIPE FD25/JC-12 ISUZU C240 DI PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR Tbk. BOGASARI FLOUR MILL

ANALYSIS OF THE EFFECT OF REMOVAL OF THE LOAD ON SPECIFIC FUEL OIL CONSUMPTION ON A DIESEL FORKLIFT TYPE FD25/JC-12 ISUZU C24 IN PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR Tbk. BOGASARI FLOUR MILL

Mohamad Alfan.Saiful (6312030048)


Abstrak

Forklift merupakan suatu alat berat untuk memindahkan mengangkat dan menaruh suatu barang. Pada PT. ISM bogasari flour mill alat ini kegunaannya sangat fital, forklift disana menggunakan jenis mesin diesel sehingga bahan bakar yang digunakan adalah solar. Disini perlu adanya perhitungan Sfoc dikarenakan perlu diketahui beban yang diangkat forklift berpengaruh pada konsumsi bahan bakar. Sehingga perhitungan ini sangat tepat untuk mengetahui beban berat seberapa yang tepat pada putaran yang telah ditentukan. Untuk memastikan metode perhitungan konsumsi bahan bakar, disini perhitungan konsumsi bahan bakar dicari dengan memperhitungkan terlebih dahulu BHP (brake horse power), selanjutnya perhitungan laju aliran bahan bakar dan perhitungan Sfoc. Berdasarkan perhitungan dengan metode diatas dapat diketahui pada putaran mesin rendah diantara Rpm 700- 1100 pengangkatan beban yang paling rendah nilai Sfoc nya terletak pada pengangkatan beban 500 kg dan 0 kg dengan nilai Sfoc 56,5838 gr/Kwh dan 81,0178 gr/Kwh. Sedangkan untuk putaran mesin sedang dengan putan mesin 1500 Rpm nilai Sfoc terendah terdapat pada beban pengangkatan beban 1000 kg dengan nilai Sfoc 99,021, sedangkan untuk putaran tinggi dengan putaran mesin1700 dan 2000 rpm didapatkan nilai Sfoc terendah pada pengangkatan beban 1000 kg dengan nilai masing masing nilai Sfoc 95,526 gr/Kwh dan 89,119 gr/Kwh. Dapat disimpulkan nilai Sfoc terendah rata rata pada pengangkatan beban 1000 kg.


Abstract

Forkliftis a heavy equipment to move the lift and put an item. On PT. ISM bogasari Flour mill this tools is very vital their role, there forlift using a type of diesel engine so that the fuel used is solar. Here is necessary to keep in mind because the SFOC calculation burden is lifted forklift effect on fuel consumption. So it is very precise calculation to determine how much weight the proper load on the engine speed has been determined. To ensure the method of calculation of fuel consumption calculations here in sought to take into account in advance BHP(brake horse power), subsequent calculation of the fuel flow rate and calculation SFOC. Based on calculation by the above methods can be seen at low engine speed between 700-1100 rpm removal of low load most of his SFOC values in the removal of a load of 500 Kg and 0 Kg with the SFOC 56,5838 gr/Kwh and 81,0178 gr/Kwh. While to rev the engine being the engine speed 1500 rpm the SFOC lowest for the removal of the load 1000 kg load with the SFOC 99,021 gr/Kwh. While for the high engine speed to engine speed 1700 and 2000 rpm obtained SFOC lowest value on the appointment of a load of 1000 kg with each value SFOC 95,526 gr/Kwh and 89,119 gr/Kwh. It can be concluded lowest SFOC average value on removal of load 1000 kg


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Edi Haryono
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2012


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.