desain ulamh pemilihan pompa hidrolik kemudi pada kapal Bahtera Seva 1

REDISGN SELECTION OF HYDRAULIC PUMP ON STEERING SHIP OF BAHTERA SEVA 1

Azhar Fathan Islami (6312030045)


Abstrak

Dalam perkembangan teknologi sistem olah gerak kapal, beberapa sistem kemudi menggunakan sistem hidrolik, dimana salah satu komponennya adalah pompa hidrolik. Pompa hidrolik yang digunakan pada kapal Bahtera Seva 1 berfungsi untuk mengalirkan fluida bertekanan tinggi. Pompa yang digunakan merupakan pompa berjenis roda gigi, dimana pompa yang telah digunakan pada kapal Bahtera Seva 1 kurang efektif. Maka dalam Tugas Akhir ini akan ditentukan spesifikasi pompa hidrolik yang sesuai dengan sistem kemudi yang sesuai pada kapal Bahtera Seva 1. Metode penelitian yang digunakan pada pembahasan ini menggunakan langkah-langkah penelitian secara berurutan, dimulai dari perhitungan luas kemudi, menghitung gaya kemudi, menghitung torsi pada kemudi, menentukan tongkat kemudi, menghitung daya poros kemudi, menghitung kapasitas pompa, menentukan tekanan aktual, dan menentukan daya pompa. Selanjutnya Analisa dan pemilihan pompa sebagai dasar untuk melakukan perhitungan lanjutan untuk mendapatkan solusi agar pompa dapat menggerakkan kemudi sesuai ketentuan yang telah ditetapkan. Pada hasil perhitungan didapatkan luasan kemudi 0.57m2, gaya kemudi 16940 N, torsi tangkai kemudi 4102.77 Nm, tongkat kemudi 0.0581 m, daya poros kemudi 1.9069 HP, kapasitas pompa 71.6 lpm, tekanan silinder hidrolik 125. 52 bar, daya motor 4.795 HP, spesifikasi pompa dengan merk Viking Pump, tipe GP - 0716 , 3600 rpm, kapasitas pompa 1.238 x 10-3 m3/s, jenis pompa roda gigi luar, Temperatur maksimal 107 0C, tekanan 131 bar dan spesifikasi motor dengan merk Teco, Tipe V- series 3 phase, 2880 rpm, daya 4 kW/5.5 HP, 8.2 A. Kata kunci: daun kemudi, pompa hidrolik dan daya motor


Abstract

In the development of ship navigation systems technology, multiple steering systems use a hydraulic system, in which one component is a hydraulic pump. Hydraulic pumps used on ships Ark Seva 1 serves to drain the high pressure fluid. The pump used is a gear-type pump, which pumps that have been used on ships Ark Seva 1 less effective. So in this final project will be determined specification hydraulic pump in accordance with the steering system according to the ship's Ark Seva 1. The method used in this discussion using research steps in sequence, starting from the area calculation rudder, calculating style steering wheel, calculate the torque on the steering wheel, determine stick steering, compute power steering shaft, calculating the capacity of the pump, determine the actual pressure, and determine pump. Further analysis and pump selection as a basis for further calculations to get a solution that can drive the steering pump in accordance with this regulation. In the calculation resulting area 0.57m2 steering, steering force 16940 N, Nm torque 4102.77 tiller, steering rod 0.0581 m, power steering shaft 1.9069 HP, capacity of 71.6 lpm pump, hydraulic cylinder 125. The pressure 52 bar, the motor power 4,795 HP, specifications Viking Pump pumps by brand, type of GP - 0716, 3600 rpm, the pump capacity of 1,238 x 10-3 m3 / s, the type of external gear pump, the maximum temperature of 107 0C, pressure of 131 bar and motor specifications with brand Teco, Type V series 3 phase, 2880 rpm, power 4 kW / 5.5 HP, 8.2 A. Keywords: leaves steering, hydraulic pump and motor power


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Heroe Poernomo
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2012


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.