STUDI KOMPARATIF BANTALAN RUBBER DAN THORDON APLIKASI PADA POROS PROPELLER PADA KAPAL KM. DHARMA KARTIKA III

COMPARATIVE STUDY BETWEEN RUBBER BEARING AND THORDON BEARING APPLICATION ON PROPELLER SHAFT OF KM. DHARMA KARTIKA III

Sinthya Prahasti Nidyasari (6312030038)


Abstrak

Sistem transmisi pada sebuah kapal merupakan suatu sistem dengan daya dikeluarkan dari mesin utama dan dapat digunakan untuk menggerakkan suatu kapal dengan gaya dorong sesuai yang diharapkan, salah satunya adalah bantalan. Bantalan yang memiliki kemampuan untuk menumpu poros yang berbeban sehingga putaran dapat berlangsung secara halus dan aman. Keberadaan bantalan penting untuk menunjang kerja sistem poros. Dalam tugas akhir ini akan dilakukan studi komparatif pada bantalan rubber yang merupakan bantalan lama dan antalan thordon yang merupakan bantalan baru. Bantalan rubber dan bantalan thordon memilki kesamaan, yaitu bagian yang langsung bersentuhan dengan poros sama-sama berbahan karet. Inilah yang melatar belakangi tugas akhir ini. Jika bahan dari kedua bantalan sama, mengapa dilakukan penggantian dari bantalan rubber ke bantalan thordon. Diantara kedua bantalan manakah yang lebih baik untuk dipakai oleh kapal KM. Dharma Kartika III. Berdasarkan hasil perhitungan batas maksimum clearance bantalan berbahan karet dengan diameter 234 mm adalah 4,84 mm, dan pada kenyataan dilapangan hasil clearance antara bantalan rubber dengan poros mencapai angka 8,3mm untuk clearance atas dan bawah serta angka 7mm untuk clearance kanan dan kiri. Sehingga, hal ini dapat dijadikan rujukan bahwa bantalan rubber harus dilakukan penggantian dengan bantalan yang baru. Sedangkan menurut hasil perhitungan pergeseran titik pusat poros dengan titik pusat bantalan pada beban terbesar terjadi pergeseran 0,08296mm untuk bantalan rubber dan 0,0816mm untuk bantalan thordon. Hal ini menunjukkan bantalan rubber lebih panjang usia pakainya dibandingkan dengan bantalan thordon dimana pemakaian bantalan rubber sudah lebih dari satu tahun dan pemakaian bantalan thordon baru satu tahun. Kata kunci : Sistem transmisi, bantalan rubber, bantalan thordon, clearance, poros propeller.


Abstract

Transmission system which is mounted on a ship is a system with its main power drawn from the main engine to move the ship with pefferable thrust, one of them is bearing. Bearing that has the ability to sustain the loaded shaft so that the rotation will go smooth and safe. The existence of the bearing is important to support the performance shaft system. In this final project, comparative study between the old rubber bearing and the new thordon bearing will be conducted. Rubber bearing and thordon bearing have a similarity, which is the shaft direct-contacting part both made of rubber. The question arise that if the material of both bearing are the same, why rubber to thordon bearing replacement is conducted. Between the two bearings, which one that performs better for KM. Dharma Kartika 3 ship. Based on the calculation result, the maximum clearance limit of rubber bearing with 234 mm diameter is 4,84 mm, while in fact field study shows the clearance result between rubber bearing and shaft are 8,3 mm for top and bottom clearances and 7 mm for left and right clearances. Thus, it can be reference that the rubber bearing needs a new replacement. While according to the calculation result of the shaft center point distortion with the bearing center point on its heaviest load, there?s a 0,8296 mm distortion on rubber bearing and 0,0816 mm distortion on thordon bearing. It shows that rubber bearing is more durable than thordon bearing with more than one year usage, while thordon bearing still in one year usage. Keyword : Transmision system, rubber bearing, thordon bearing, clearance, shaft propeller.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Nasri Dawo
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2012


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.