Analisa Pemilihan Motor Hidrolik pada Windlass di Kapal Suberco 02

ANALYSIS SELECTION OF HYDRAULIC MOTOR ON WINDLASS IN THE SHIP SUBERCO 02

Riza Wahyu Ardianto (6312030030)


Abstrak

Kapal Suberco 02 merupakan kapal penumpang seperti halnya kapal lain pada umumnya. Kapal ini juga dipasang instalasi windlass dan power sebagai penggeraknya. Windlass adalah mesin yang digunakan untuk menurunkan dan menaikkan jangkar. Mesin ini biasanya digerakkan dengan hidrolik maupun motor yang terdapat sebuah rem biasanya digunakan untuk mengontrol windlass. Pada tugas akhir ini standart yang digunakan untuk perhitungan gaya angkat jangkar adalah menurut standart BKI Volume II sec. 18. Pada perencanaan windlass kapal SUBERCO 02 dipilih produk permesinan windlass yang memiliki fungsi untuk penarikan jangkar. Perencanaan windlass harus memenuhi prisip ? prinsip penjangkaran. Windlass ini digerakan dengan tenaga electro hydraulic yang dilengkapi dengan pompa hydraulic dan digerakkan oleh motor listrik. Berdasarkan perhitungan kebutuhan daya motor hidrolik dari perhitungan sebesar 6.23 kW, maka diperoleh nilai ?pressure, flow rate, dan torsi yang merupakan hasil perhitungan daya motor hidrolik yang optimal sebesar 7.55 kW pada putaran 650 rpm adalah 155 bar, 8.93 L/min, 110.57 Nm dengan total effisiensi pada motor hidrolik 84.49 %. Sehingga daya pompa powerpack yang dibutuhkan untuk daya motor hidrolik 7.55 kW adalah sebesar 8.93 kW.


Abstract

Suberco vessel 02 is a passenger ship as well as other vessels in general. The vessel is also fitted windlass installation and power pack as the driving force. Windlass is a machine used to lower and raise the anchor. These machines are usually driven by a hydraulic motor and there is a brake is usually used to control the windlass. In this final standard that is used for calculating the lift force anchor is according to BKI standard Volume II sec. 18. In planning the 02 selected windlass SUBERCO ship windlass machinery products which have a function for the withdrawal of the anchor. Planning windlass must satisfy the principle - the principle of anchoring. Windlass is driven by electro hydraulic power which is equipped with a hydraulic pump and driven by an electric motor. Based on the calculation of the power requirements of the calculation of a hydraulic motor 6.23 kW, then the values obtained ?pressure, flow rate, and torque is the result of the calculation of the optimal hydraulic motor power of 7.55 kW at 650 rpm rotation is 155 bar, 34.57 L / min, 110.57 Nm with the total efficiency of the hydraulic motor by 84.49 %. So that the power pack pump power needed to power the hydraulic motor of 7.55 kW is 8.93 kW.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Mardi Santoso
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2012


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.