PENGARUH DIFFERENTIAL PRESSURE INTAKE AIR FILTER TERHADAP PERFORMA TURBIN GAS DI PT. PJB UP GRESIK

EFFECT OF INTAKE AIR FILTER DIFFERENTIAL PRESSURE ON GAS TURBINE PERFORMANCE PT. PJB UP GRESIK

Armadani Satrio Utomo (6312030011)


Abstrak

ABSTRAK Turbin gas adalah suatu penggerak mula yang memanfaatkan gas sebagai fluida kerja. Didalam turbin gas energi kinetik dikonversikan menjadi energi mekanik berupa putaran yang menggerakkan roda turbin sehingga menghasilkan daya. Differential pressure berfungsi untuk mengetahui perbedaan tekanan udara luar dan tekanan udara dalam intake air filter. Jika intake air filter kotor akan menimbulkan kenaikan differential pressure sehingga udara yang masuk kedalam sistem turbin gas akan berkurang akibatnya performa turbin gas akan mengalami penurunan. Untuk menghitung efisiensi turbin gas didasarkan pada rumus performance test PLTGU PT. PJB, dalam perhitungan tersebut nantinya dapat diketahui efisiensi turbin gas dari beberapa DP IAF. Untuk menghitung konsumsi spesifik bahan bakar (SFC) didasarkan pada SPLN No. 80 tahun 1989, dalam perhitungan tersebut nantinya dapat diketahui konsumsi spesifik bahan bakar (SFC) dari beberapa DP IAF. Dari hasil perhitungan diperoleh efisiensi turbin gas saat DP 120 mmH2O adalah 28.65 %, DP 120 mmH2O adalah 28.7 %, DP 125 mmH2O adalah 27.86 %, DP 140 mmH2O adalah 24.87 %, DP 170 mmH2O adalah 20.97 %, DP 185 mmH2O adalah 18.25 %. Efisiensi turbin gas semakin menurun seiring bertambahnya DP IAF. Dari perhitungan didapatkan konsumsi spesifik bahan bakar (SFC) saat DP 120 mmH2O adalah 0.4 BTU/kWh, DP 120 mmH2O adalah 0.4 BTU/kWh, DP 125 mmH2O adalah 0.41 BTU/kWh, DP 140 mmH2O adalah 0.45 BTU/kWh, DP 170 mmH2O adalah 0.52 BTU/kWh, DP 185 mmH2O adalah 0.58 BTU/kWh Konsumsi spesifik bahan bakar semakin meningkat seiring dengan kenaikan DP IAF. Kata kunci : turbin gas, differential pressure, effisiensi turbin gas, konsumsi spesifik bahan bakar (SFC) turbin gas.


Abstract

ABSTRACT The gas turbine is a first mover that utilizes gas as the working fluid. In the gas turbine kinetic energy is converted into mechanical energy in the form of a round wheel that drives a turbine to produce power. Differential pressure is used to determine differences in outside air pressure and air pressure in the air intake filter. If the water intake dirty filter will cause a rise in the differential pressure so that air enters the gas turbine system will be reduced as a result the performance of gas turbines will decline. To calculate the efficiency of gas turbines are based on a formula of performance test PLTGU PT. PJB, in the calculation will be known efficiency of gas turbines of several DP IAF.To calculate the specific fuel consumption (SFC) based on SPLN No 80 in 1989, in the calculation will be known specific fuel consumption (SFC) of some DP IAF. From the calculation results obtained when the gas turbine efficiency DP 120 mmH2O is 28.65%, DP 120 mmH2O was 28.7%, DP 125 mmH2O is 27.86%, DP 140 mmH2O is 24.87%, DP 170 mmH2O is 20.97%, DP 185 mmH2O is 18.25%. Gas turbine efficiency decreases with increasing DP IAF. From the calculation, the specific fuel consumption (SFC) while DP 120 mmH2O is 0.4 BTU / kWh, DP 120 mmH2O is 0.4 BTU / kWh, DP 125 mmH2O is 0.41 BTU / kWh, DP 140 mmH2O is 0.45 BTU / kWh, DP 170 mmH2O is 0.52 BTU / kWh, DP 185 mmH2O is 0.58 BTU / kWh specific fuel consumption increased along with the increase in DP IAF. Keywords : gas turbine, differential pressure IAF, efficiency gas turbine, specific fuel consumption (SFC) gas turbine


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Muhammad Shah
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2012


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.