ANALISA KERUSAKAN PISTON DAN CYLINDER LINER YANG BER PENGARUH PADA TURUNNYA DAYA MESIN INDUK KAPAL TUG BOAT BIMA V

Analysis of the Piston and Cylinder liner Damage that Effect the Decrease of Main Engine Power in Tug Boat Ship Bima V

Emerald Edo Pradana Asmono (6312030007)


Abstrak

Piston dan Cylinder liner adalah komponen-komponen penting yang ada didalam mesin diesel. Kedua komponen tersebut berpengaruh terhadap daya yang dihasilkan oleh mesin. Sehingga keadaan yang dialami oleh Piston dan Cylinder liner berpengaruh terhadap kinerja mesin yang dihasilkan. Apabila proses kinerja Piston dan Cylinder Liner tidak maksimal, maka daya yang dihasilkan mesin juga tidak maksimal. Pada kapal Tug Boat BIMA V, main engine tipe Niigata 8PA5L mengalami kerusakan pada salah satu silinder yang menyebabkan daya yang dihasilkan oleh mesin tidak maksimal. Hal ini disebabkan oleh patahnya ring oli pada silinder tersebut sehingga menyebabkan Piston dan Cylinder liner mengalami aus. Sehingga mengharuskan mesin melakukan perbaikan atau melakukan overhaul dan melakukan penggantian Piston, Cylinder liner serta komponen-komponennya dalam satu silinder. Sebelum melakukan overhaul mesin mengalami penurunan daya yang mencapai 31.09% dari data standart. Setelah melakukan overhaul, mesin mengalami peningkatan daya sebesar 28.9% dari daya sebelum melakukan overhaul yang hanya mencapai 68.9% dari daya standart mesin. Hal ini disebabkan semakin tinggi kecepatan putaran mesin maka semakin banyak langkah kerja yang dialami pada waktu yang sama. Turunnya daya disebabkan kecepatan putaran mesin yang menurun. Hal ini ditunjukan pada putaran tertinggi pada mesin sebelum melakukan overhaul hanya mencapai 630 rpm. Sedangkan setelah mesin melakukan overhaul putaran mesin tertinggi mampu naik mencapai 800 rpm.


Abstract

Piston and Cylinder liner are important components in existing diesel engines. Both of the component to te power generated by the engine. So the circumstances experienced by the Piston and Cylinder liner effect on engine performance. In the process of performance piston and cylinder liner are not maximum, then the resulting power machine is also not the maximum. On a Tug Boat ship BIMA V, main engine type Niigata 8PA5L suffered damageon one of the cylinder which caused the power generated by the engine not the maximum. This is caused by his broken oil ring on the cylinder so that it causes the piston and cylinder liner are experiencing aus. So it requires a machine do the repair or overhaul and do the replacement of the piston, cylinder liner and it componennta in one cylinder. Before doing a complete overhaul of the engine power loss reached 31,09% of standart data. After overhaul, the engine experienced an increased in power of 28,9% from the power before doing the overhauls are reaching only 68,9% of the power of the standart machine. This is due to higher speed of rotation of the engine the more work the steps at the same time. The descent of power caused the engine rotation speed decreases. This is indicated on the highest round on the engine before doing any overhaul only 630 rpm. Whereas after the machine doing the rounds of the highest engine overhaul was able to ride reach 800 rpm.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Sudiyono
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2012


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.