ANALISA TEKNIS DAN EKONOMIS PENGGUNAAN MESIN INDUK SEBAGAI PENGGERAK POMPA BONGKAR MUAT

THE ANALYSIS OF TECHNICAL AND ECONOMIC USE OF MAIN ENGINE AS DRIVE THE LOADING AND UNLOADING PUMP

Alif Nuzul Julianto (6312030001)


Abstrak

System bongkar muat pada kapal tanker dilengkapi dengan pompa beserta system penggeraknya. Ada beberapa system penggerak pompa yang menggunakan system Hydraulic, Mekanik, Pneumatic, Steam turbine, dan lain sebagainya. Pada kapal tanker MT.PUTERI ELOK milik PT.PELAYARAN MAJU SUKSES system penggerak pompa bongkar muat menggunakan mesin induk kapal yang di couple dengan gearbox dan selanjutnya ditranmisikan ke shaft pompa cargo. Untuk mengetahui apakah system ini efisien atau tidak, maka pada tugas akhir ini akan dilakukan perhitungan secara teknis dan ekonomisnya. Dalam perhitungan ini dapat diketahui berapa daya pompa yang dibutuhkan dan kondisi operasional mesin induk selama proses bongkar muat kapal. Selain itu perhitungan ini juga membandingkan beberapa system lain yang lebih efektif jika penggunaan mesin induk ini tidak ekonomis. Berdasarkan hasil perhitungan didapat daya pompa yang dibutuhkan 290 PS. Kondisi pengoperasian mesin induk selama bongkar muat berada pada daya 1530 PS. Prosentase penggunaan daya oleh pompa sebesar 18,95 % saja. Konsumsi bahan bakar mesin induk sebesar 260,24 liter per jam dengan biaya pembelian HSD Rp 2.628.424,00. Solusi lain untuk System yang paling ekonomis ialah menggunakan engine independent merk CATERPILLAR 3196 SCAC-A dengan daya 254 kW. Engine ini beroperasi selama satu jam dan menghabiskan bahan bakar sebesar 57,3 liter dengan biaya pembelian HSD sebesar Rp 578.730,00. Kata kunci : Pompa Cargo, System Penggerak Pompa, Mesin Induk.


Abstract

The system of loading and unloading tanker is complete pumps with driving system. There are some systems that use the pump driving such as Hydraulic system, mechanical, Pneumatic, Steam turbine, etc. On the tanker MT.PUTERI ELOK owned PT.PELAYARAN MAJU SUKSES, unloading pump drive system using a main engine vessel in couple with the gearbox and delivered to cargo pump shaft. To determine the system is efficient or not, then in this final project will be check the technical and economic calculations. In this calculation it can be seen how much power is needed by the pump and how the main engine operational conditions during loading and unloading process. Besides these calculations also compare some other systems that is more effective if the main engine usage is not economical. Based on calculations obtained the required pump power 290 PS. Engine operating conditions during loading and unloading at power 1530 PS. The percentage of power usage by the pump of 18.95% only. The fuel consumption of main engine is 260.24 liters per hour at cost of Rp 2,628,424.00. Another solution for the most economical system is using engine independent brand CATERPILLAR 3196 SCAC-A with power 254 kW. This engine operates for one hour and spent fuel of 57.3 liters at cost HSD of Rp 578,730.00. Keywords: Cargo Pump, Pump Driving System, Main Engine.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Mardi Santoso
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2012


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.