PENGGUNAAN SHAFT GENERATOR SEBAGAI SUMBER DAYA LISTRIK DAN PENGHEMATAN BAHAN BAKAR PADA KAPAL KM. ARMADA SEGARA

THE USE OF SHAFT GENERATOR AS A SOURCE OF ELECTRICAL POWER AND FUEL THRIFT AT ARMADA SEGARA SHIP.

Aan Agus Cahyono (6311030063)


Abstrak

KM. ARMADA SEGARA merupakan kapal tipe kontainer dengan jalur pelayaran Surabaya-Merauke dengan waktu tempuh 5-6 hari. Kapal menggunakan propeller jenis CPP (Controllable Pitch Propeller) karena kapal tersebut memakai shaft generator untuk pembangkit listriknya sehingga membutuhkan putaran mesin yang konstan untuk dapat mengoperasikan shaft generator tersebut dengan mengatur blade pitch sehingga kecepatan kapal dapat divariasikan tanpa mengurangi putaran mesin induk. Shaft generator merupakan generator sinkron yang digerakkan oleh sebuah poros yang dihubungkan dengan motor induk melalui sebuah mekanisme, atau dengan kata lain yaitu dengan mengambil daya dari motor penggerak utama untuk menggerakkan generator. Penggunaan bahan bakar untuk mesin induk dan dua mesin bantu membutuhkan bahan bakar sebesar 64,8 kiloliter selama 6 hari. Penggunaan Shaft Generator secara penuh dapat menghemat bahan bakar sebesar 3,45 kiloliter atau 5,33%. Penggunaan Shaft Generator hanya pada saat siang hari dapat menghemat bahan bakar sebesar 2,075 kiloliter atau 3,21%. Untuk sama-sama membangkitkan daya listrik sebesar 8,63 kW, penggunaan Shaft Generator membutuhkan bahan bakar sebesar 0,88 kg dan penggunaan 2 mesin bantu membutuhkan bahan bakar sebesar 0,91 kg.


Abstract

KM Armada Segara a ship container type with cruise lines-Merauke from Surabaya with a travel time of 5-6 days. The ship uses a propeller type of CPP (Controllable Pitch Propeller) because the ship wearing shaft generator for generating electricity that required constant engine round to be able to operate the generator shaft with blade pitch setting so that the speed can be varied without reducing the ships round the main engine. Shaft generator is a synchronous generator driven by a shaft which is connected to the main engine via a motor mechanism, or in other words that is by taking the power from the motor is the prime mover to move the generator. The use of fuel to the main engine and two auxiliary engines require fuel amounted 64,8 tonnes during 6 days. The use of Shaft Generator in full can save fuel by 3.45 tonnes or 5,33%. The use of Shaft Generator only during daylight hours can save fuel amounted to 2,075 tonnes or 3.21%. To equally evoking the power of 8,63 kW, Generator Shafts require use of fuel of 0.88 kg and the use of auxiliary machines 2 requires fuel amounted to 0.91 kg.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Yuning Widiarti
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2011


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.