Desain Sistem Hidrolik Untuk Buka Tutup Kapal Keruk TK. ISE II di PT. Indonesia Marina Shipyard

HYDRAULIC SYSTEM DESIGN for CLOSING AND OPENING HATCH COVER FOR DREDGING BARGE ISE II IN PT. INDONESIA MARINA SHIPYARD

Alfiatin Nuriyah (6311030047)


Abstrak

PT. Indonesia Marina Shipyard yang beralamatkan di JL. Amak Kasim III Ds. Sidorukun-Gresik-Jawa Timur adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha pengedokan, repair kapal, overhoule dan jasa pengerukan kapal (dredging). Untuk jasa pengerukan kapal, fasilitas yang digunakan adalah 3 buah tongkang beserta 3 buah tug boat. Sistem buka tutup tersebut 2 diantaranya dengan sistem pompa hidrolik dan yang terakhir menggunakan sistem motor listrik konvensional. Dari 2 sistem tersebut masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan pada akhirnya setelah diteliti sistem rantai dengan penggerak motor listrik mempunyai banyak kekurangan baik dari motor listrik maupun dari rantai yang digunakan. Maka dari itu desain pompa hidrolik pengganti sistem rantai konvensional agar kapal keruk tersebut bisa lebih efektif dan efisien diperlukan agar mendatangkan keuntungan yang optimal. Tahapan untuk merancang pompa hidrolik antara lain mendapatkan data yang dibutuhkan misalnya data utama kapal yang meliputi gambar rencana umum, lines plan dan midship plan setelah data terkumpul maka dilakukan perhitungan yang dimulai dengan perhitungan beban, gaya, debit, head losses dan yang terakhir didapatkan daya pompa yang dibutuhkan untuk sistem buka tutup kapal keruk tersebut. Setelah dilakukan perhitungan maka dapat disimpulkan bahwa sistem buka tutup kapal keruk TK. ISE II menggunakan 8 aktuator dengan daya pompa sebesar 23 kW dan daya motor 29 kW. Digunakan 8 aktuator dengan keseimbangan dalam pembagian gaya. Kata Kunci : Kapal Keruk , Aktuator Hidrolik, Pompa Hidrolik


Abstract

PT. Indonesian Marina Shipyard is addressed at JL. Amak Kasim III Ds. Sidorukun - Gresik - East Java is a company in the business of docking, ship repair, overhoule and dredging. For dredging boats, which are used 3 pieces barge and 3 tug boat. Open and close sistem it 2 of them with a hydraulic pump sistem and the other using a conventional electric motor sistem. Each Of the two sistems have advantages and disadvantages and the last the chain sistem with an electric motor has a lot of disadvantages not only the electric motors but also the chains. Thus the design of the hydraulic pump replacement of conventional chain sistem so that the dredger can be more effectively and efficiently is necessary in order to bring optimal benefits. There are several steps to design a hydraulic pump that must be carried out, such as get the required data, for example the main data boats, general arrangement, lines plan and midship plan after data collected then do the calculations begin with the calculation of load, force, capacity, head losses and the last available pump power required to open and close sistem of the dredger. After calculation, it can be concluded that the open close sistem dredger TK. ISE II use four actuators with 23 kW of pump power and motor power 29 kW. Used 8 actuators because ballancing factor when distributing force. Keywords: Dredger, Hidraulic Actuator, Hidraulic Pump


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Subagio Soim
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2011


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.