ANALISA PENGARUH PENGGANTIAN MOTOR INDUK (REPOWERING) TERHADAP KINERJA PROPELER DAN KEBUTUHAN BAHAN BAKAR PADA KM. ORIENTAL SAMUDRA

ANALYSIS OF ENGINE REPOWERING EFFECT ON PROPELLER PERFORMANCE AND FUEL CONSUMPTION at KM. ORIENTAL SAMUDRA

M. Sholikhul Muhdi Syams (6311030037)


Abstrak

Kapal merupakan mode transportasi laut yang banyak digunakan sebagai jasa transportasi pengiriman barang. KM. Oriental Samudra merupakan kapal kontainer milik PT. Salam Pasific Indonesia Lines (PT. SPIL) yang melayani rute pelayaran Surabaya ? Jayapura. KM. Oriental Samudra tidak mampu mencapai kebutuhan dinas kapal yang diinginkan yaitu sebesar 12,6 knot sehingga pihak pemilik kapal memilih untuk melakukan penggantian motor induk (Repowering) dengan tujuan agar KM. Oriental Samudra mampu melayani rute pelayaran dengan kecepatan dinas 12,6 knot. Pada penggantian motor induk tidak dilakukan penggantian pada propeler sehingga perlu dilakukan perhitungan dan analisa untuk mengetahui kesesuaian propeler dan kebutuhan bahan bakar sesuai pembebanan terhadap motor induk yang baru. Metode penelitian yang dilakukan yaitu dengan perhitungan dan analisa ulang terhadap tahanan kapal dan pembebanan propeler (propeller load) menggunakan grafik openwater test. Hasil yng didapatkan akan digunakan untuk menentukan besarnya daya motor induk yang harus dipasang. Pada perhitungan yang dilakukan tahanan kapal pada kecepatan dinas kapal 12,6 knot yaitu sebesar 236,37 kN dengan gaya dorong (Thrust) sebesar 339,124 kN sehingga membutuhkan daya dorong sebesar 1201,624 HP sehingga diperoleh kebutuhan daya motor induk sebesar 3717,905 HP dengan konsumsi bahan bakar sebesar 150,76 g/HP.h sehingga didapatkan kebutuhan bahan bakar sebesar 149,57 m3. Sedangkan pada motor induk yang lama hanya mampu menghasilkan gaya dorong sebesar 69,69 kN dan daya dorong sebesar 117,60 HP.


Abstract

Ship is marine transportation mode that is widely used as a frieght transportation service. KM. Oriental Samudra is a container ship owned by PT. Salam Pasific Indonesia Lines (PT. SPIL) that serve the shipping route of Surabaya ? Jayapura. KM. Oriental Samudra is not able to serve with speed service of 12,6 knots, so the ship?s owner prefer to perform the replacement of main engine in order to KM. Oriental Samudra is able to serve shipping routes with speed service of 12,6 knots. On the replacement of the main engine are not done on the replacement of the propeller so that the calculation and analysis needs to be done to determine the suitability of the propeller and fuel comsumtion according to load of new engine. Methods of research is calculating and re ? analysis os the ship resistance and propeller load using openwater test graph. Result will be used to determine the power of the engine that must be installed. On the ship resistance calculations performed to achived speed service of 12,6 knots is equal of 236,37 kN at the service condition to obtain the main power 3717,905 HP with spesific fuel oil consumtion 150,76 g/HP.h, so it can obtained of fuel required is 149,57 m3. Whereas at the old engine only have thrust 69,69 kN and thrust horse power 117,60 HP.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Dimas Endro Witjonarko
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2011


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.