ANALISA PENGARUH KEBOCORAN SEAL TERHADAP BESARNYA TORSI PEMUTAR DAUN PROPELLER PADA PROPELLER CONTROLLABLE PITCH

ANALYSIS OF SEAL LEAKAGE EFFECT TO THE PROPELLER BLADE TORSION at CONTROLLABLE PITCH PROPELLER

Ian Bimatara (6311030034)


Abstrak

Pada Tugas Akhir ini dipelajari dan dianalisa pengaruh kebocoran seal daun propeller terhadap beban torsi pemutar daun propeller-nya pada Controllable Pitch Propeller (CPP). Akibat kebocoran tersebut air laut masuk ke dalam head propeller dan bercampur dengan grease. Akibat bercampurnya air laut dan grease menyebabkan berubahnya nilai viskositas pelumas. Perubahan viskositas peluma tersebut berpengaruh terhadap torsi pemutar daun propeller. Penelitian ini diawali dengan menghitung besarnya viskositas campuran dengan menggunsksn formula Viscosity Blending Number (VBN). Dengan inputan nilai viskositas campuran bias diketahui besarnya tegangan geser, gaya tangensial, dan beban torsi pada blade. 3 variasi kebocoran disamakan dalam penelitian ini, yaitu 5%, 10%, dan 15% dari air laut. Dari hasil analisa dapat dibuktikan bahwa akibat masuknya air laut ke dalam head propeller dan bercampu dengan grease, mengakibatkan nilai tegangan geser menurun, gaya tangensial juga menurun sehingga beban torsi untuk memutar blade juga berkurang. Kata Kunci : Controllable Pitch Propeller, viskositas, Viscosity Blending Number, tegangan geser, gaya tangensial, torsi


Abstract

In this final project is studied and analyzed the influence of the leakage seal the leaves against the propeller load torque player leaves his propeller on a Controllable Pitch Propeller (CPP). As a result of the leakage of water into the propeller head and mixes with the grease. Due to the bercampurnya sea water and grease led to a shift in the value of viscosity lubricants. Viscosity change peluma the influence on the torque player leaves the propeller. This study begins by calculating the magnitude of viscosity menggunsksn Viscosity formula mixed with Blending Number (VBN). With the input values the viscosity of mixed biased known the magnitude of the shear stress, tangential force, torque and the load on the blade. 3 variations of the leak identified in this study, i.e. 5%, 10%, and 15% of sea water. From the results of the analysis be demonstrated that due to the influx of salt water into the propeller and bercampu head with grease, resulting in the value of the shear stress decreases, the tangential force also decreased so that the load torque to rotate the blade is also reduced. Keywords: Controllable Pitch Propeller, viscosity, Viscosity Blending Number, shear stress, tangential force, torque


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Adi Wirawan Husodo
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2011


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.