PERANCANGAN SISTEM PENGKONDISIAN UDARA PENDINGIN DAN VENTILASI PADA KMP SABUK NUSANTARA 45

DESIGN of AIR CONDITIONER COOLING SYSTEM AND VENTILATION at PASSENGER SHIP SABUK NUSANTARA 45

Mirza Otto Senna Syailendra (6311030025)


Abstrak

Kapal penumpang SABUK NUSANTARA 45 yang sedang dibuat di galangan PT F1. PERKASA merupakan jenis kapal penumpang perintis yang melayani penyeberangan antar pulau di Indonesia bagian timur. Seperti kapal - kapal lainnya, kapal ini juga dipasang sistem pendingin untuk pengoperasionalnya. Sistem pendingin pada kapal sangatlah penting karena sistem pendingin bertujuan untuk pengkondisian udara pada ruangan di kapal, untuk kenyamanan dan kesehatan penumpang, serta untuk sirkulasi udara. Pada kapal ini memiliki dua ruang penumpang, kedua ruang tersebut akan dirancang system pengondisian udara sentral. Perhitungan beban panas total yang diderita ruangan yang dikondisikanpada tugas akhir kali ini harus sesuai dengan standart yangberlaku, dalam hal ini standart yang digunakan adalah standart ISO 7545mengenai ?Ship and Marine Technology-Air Conditioning and Vantilation Of Accomodation Space-Desain and Basis Of Calculation? dan ASHRAE. Dari proses perhitungan menggunakan standart yang ada dapat diketahui kapasitas cooling load sebesar 31,67 kW. Kapasitas udara yang disuplai 2,575 m3/s dengan rincian 1.484 m3/s untuk runag penumpang pada main deck dan 1.090 m3/s untuk ruang penumpang di under main deck. Dengan COP 3 didapat daya kompressor 33,09 kW dan daya condenser 132,3 kW. Dimensi ducting diambil dengan kecepatan 12 m/s. Kata Kunci: Kapal Penumpang Sabuk Nusantara 45, Ruang Penumpang, Udara suplai, Dimensi ducting.


Abstract

DESIGN AIR CONDITIONINGCOOLING SYSTEM AND VENTILATION ON PASSENGER SHIP SABUK NUSANTARA 45 Name : Mirza Otto Senna Syailendra NRP : 6311030025 Department : Teknik Permesinan Kapal, PPNS Counsellor Lecturer : George Endri Kusuma, ST, M.Sc.Eng ABSTRACT Passenger ships SabukNusantara 45 being made in the PT F1. Perkasa shipyard is a type of passenger vessel that served pioneers crossing between islands in eastern Indonesia. Like a other ships, this vessel also installed a cooling system for operate. The cooling system on the ship is very important because the cooling system intended for air conditioning in the room on the ship, for the health and comfort of passengers, as well as for air circulation. On this ship has 2 passenger space, two spaces will be designed central air conditioning system. Total heat load calculation suffered conditioned room at the end of this time the task should be in accordance with the applicable standard, in this case the standard used is ISO 7545 standard on "Ship and Marine Technology-Air Conditioning and Vantilation Of Accomodation Space-Desain and Basis Of Calculation "and ASHRAE. From the calculation process using the existing standard can be known capacity of 31.67 kW cooling load. Supply air capacity of 2,575 m3 / s to 1,484 m3 details / s for runag passengers on the main deck and 1,090 m3 / s for the space under the main passenger deck. With 3.5 COP gained power 33,09 kW compressor and condenser power of 132,3 kW. Ducting dimensions are taken at a speed of 12 m / s. Keywords: Passenger ships Sabuk Nusantara 45, Passenger Space, Air Supply, Dimension ducting.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :George Endri K
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2011


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.