Analisa Perbandingan Penggantian pipa economizer tipe ST 35 B 1 DIN 17175 dengan pipa ST 37 C 22 DIN 2635 pada KM.Tanto Satria di tinjau dari laju ketahanan korosi dan efisiensi panas yang dihantarkan

COMPARISON ANALYSIS of ECONOMIZER PIPE REPLACEMENT ,TYPE ST 35 B 1 DIN 17175 and ST 37 C 22 DIN 2635 on KM. TANTO SATRIA BASED ON CORROSION ENDURANCE RATE AND HEAT EFFICIENCY CONDUCTED

Ukik Hadi Puja Rommadoni (6311030017)


Abstrak

ABSTRAK KM.Tanto Satria merupakan kapal pengiriman peti kemas yang rute pelayarannya Surabaya - Ternate, kapal ini menggunakan mesin Akasaka-Mitsubishi Type UEC45.Seperti pada umumnya, setiap mesin kapal yang beroperasi dalam jangka waktu yang continue dan terus ? menerus pasti mempunyai masalah untuk dilakukan perbaikan, tidak terkecuali yang di alami pada KM. Tanto Satria. masalah yang timbul tersebutadalah pada pipa economizer terjadi kebocoran yang di akibatkan dari korosi. Kerusakan yang terjadi pada pipa economizer pada KM. Tanto Satria tersebut pada mulanya menggunakan pipa tipe ST 35 akan di lakukan pergantian dengan pipa tipe ST 37. Economizer mempunyai peranan sebagai pemanas mula fluida sebelum masuk ke boiler, proses pemanasan pada economizer terjadi pada saat main engine sudah menyala dan menggeluarkan gas buang (Exhaust). Gas buangtersebut di manfaatkan untuk memanaskan fluida dalam economizer.Pergantian pipa economizer tipe ST 35 B 1 dengan pipa ST 37 C 22 pada KM. Tanto Satria pada dasarnya jarang terjadi dikarenakan pipa yang telah di tetapkan oleh maker merupakan pipa yang telah memenuhi standart, sehingga pada saat terjadi kerusakan seharusnya di ganti dengan jenis pipa yang sama, akan tetapi ada beberapa alasan yang menyebabkan pergantian di lakukan dengan pipa dengan jenis material yang berbeda. Dengan pergantian pipa dengan jenis material yang berbeda tersebut, di perlukan analisa dan tinjauan ulang tentang laju ketahanan terhadap korosi dan pengaruh pergantian pipa tersebut terhadap efisiensi panas yang di hantarkan. Pengujian laju korosi menggunakan metode elektrokimia dengan menggunakan sebuah alat Polarisasi Potensiotat (Autolab) dan menggunakan larutan NaCl dengan variasi kadar 2%, 3,5% dan 5% sebagai media pengkorosifnya. Dan setelah dilakukan pengujian tentang laju korosi kedua material dengan menggunkanalat Polarisasi Potensiotat (Autolab), di dapatkan hasil bahwa nilai Corrosion rate material St 37 lebih kecil di bandingkan dengan nilai Corrosion rate dari material St 35, berdasarkan nilai corrosion rate kedua material tersebut dapat di simpulkan bahwa material St 37 lebih tahan terhadap laju korosi. Dan untuk perhitungan efisiensi panas, material St 35 efisiensi panas yang dapat di hantarkan sebesar 29.76KJ/m2 jam K, sedangkan pada material St 37 35 efisiensi panas yang dapat di hantarkan sebesar29,61KJ/m jam K, sehingga dari kedua permasalahan tersebut dapat di simpulkan bahwa pergantian pipa economizer sangat di sarankan jika di tinjau dari segi ketahanan korosi dan efisiensi panas pipa St 37 yaitu pipa yang di rencanakan akan di gunakan sebagai pengganti dari pipa standart-nya yaitu pipa St 35. Kata Kunci :PerbandinganPipa Economizer, Pengujian laju korosi, dan Perhitungan Efisiensi Perpindahan Panas


Abstract

ABSTRACT KM. Satria tanto a shipping container ship voyage route Surabaya - Ternate, this vessel using engine Akasaka-Mitsubishi Type UEC45. As in general, every machine ships operating in the time period and continue on - being definitely have a problem to do repairs, no exception is in the nature of KM. Satria tanto. The problem that arises is the economizer pipe leak that causes corrosion. Damage that occurs in the pipe economizer on KM. The Satria tanto was originally using ST-type pipe 35 will be made the turn with a pipe-type ST 37. Economizer has a role as a first heating fluid prior to entering into the boiler, economizer heating process occurs when the main engine is lit and menggeluarkan flue gas (exhaust). The exhaust gas utilized for heating the fluid in the economizer. Substitution pipe economizer type B 1 ST 35 ST 37 C pipe 22 at KM. Satria tanto basically rare because the pipes have been set by a pipe maker who has met the standard, so that in the event of damage should be replaced with the same type of pipe, but there are some reasons causing the change is done with the pipe material type different. By the turn of the pipes with the different types of material, in need of analysis and review of the rate of corrosion resistance and the effect of the change on the efficiency of the heat pipe is in Hantarkan. Corrosion rate testing using an electrochemical method using a tool Potensiotat Polarization (Autolab) and using the NaCl content of 2% variation, 3.5% and 5% as pengkorosifnya media. And after testing on the corrosion rate of both materials with Polarization menggunkanalat Potensiotat (Autolab), in getting the results that the value of the material St 37 Corrosion rate is smaller in comparison with the value of Corrosion rate of material St 35, based on the value of the corrosion rate of both materials can be concluded that the material St 37 more resistant to corrosion rate. And for the calculation of thermal efficiency, material St 35 can be in thermal efficiency of 29.76KJ/m2 hour Hantarkan K, whereas the material St 37 35 thermal efficiency can in Hantarkan of 29.61 KJ / m hour K, so that both these problems can be concluded that the replacement pipe economizer highly recommend if in the review in terms of corrosion resistance and thermal efficiency plumbing St 37 is a pipe in the plan will be used as a replacement of the standard pipe is a pipe St 35. Keywords: Comparison of Economizer Piping, Testing corrosion rate, and Heat Transfer Efficiency Calculation


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Sudiyono
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2011


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.