ANALISA PERBANDINGAN DAYA POMPA HIDROLIK STEERING GEAR UNTUK KEMUDI TIPE MENGGANTUNG DAN SETENGAH MENGGANTUNG PADA KAPAL WHITE OIL TANKER 3500 LTDW (STUDI KASUS DI PT. DUMAS TANJUNG PERAK SHIPYARD SURABAYA)

COMPARATIVE ANALYSIS OF STEERING GEAR HYDRAULIC POWER PUMP FOR SPADE AND SEMI SPADE RUDDER TYPE ON THE WHITE OIL TANKER 3500 LTDW (A CASE STUDY IN PT. DUMAS TANJUNG PERAK SHIPYARD SURABAYA)

Herdito Haryowidagdo (6310030061)


Abstrak

Kapal tanker 3500 LTDW yang dibangun di PT. Dumas TPS adalah kapal niaga pengangkut muatan product oil milik PT. Pertamina (Persero). Pada proses pembangunan kapal ini, dibutuhkan perlakuan khusus yang berkaitan dengan aspek keselamatan awak kapal dan muatan yang dibawa, termasuk dalam hal perencanaan sistem. Salah satunya adalah perencanaan sistem hidrolik steering gear, yang harus memiliki tingkat efisiensi dan keamanan yang tinggi Aspek yang perlu diperhatikan dalam merencanakan sebuah sistem hidrolik steering gear adalah dengan mengetahui tipe kemudi yang akan digunakan, besar gaya yang dibutuhkan oleh rudder tiller untuk membelokkan kemudi, tekanan oli di dalam cylinder hidrolik, hingga penentuan hydraulic power pack sesuai kapasitas yang dibutuhkan oleh sistem. Pada kapal tanker 3500 LTDW ini telah didesain sebuah tipe kemudi setengah menggantung beserta dengan perencanaan sistem hidrolik penggeraknya. Namun perlu dilakukan analisa dan tinjauan ulang terhadap sistem yang telah dibuat oleh pihak galangan dengan membandingkan perencanaan yang dibuat oleh penulis. Apakah perencanaan sistem tersebut sudah layak dan memenuhi spesifikasi daya pompa hidrolik steering gear yang tersedia Dari pembahasan yang telah dilakukan didapatkan hasil perhitungan daya pompa hidrolik steering gear untuk kemudi tipe setengah menggantung milik pihak galangan PT. Dumas TPS telah memenuhi spesifikasi steering gear yang tersedia yaitu sebesar 5,98 kW. Dengan tekanan oli didalam cylinder hidrolik sebesar 5367304,8 N/m2 dan gaya pada kemudi sebesar 229601,37 N. Sehingga sistem kemudi ini telah layak untuk dioperasikan Kata kunci : Kapal Tanker, Kemudi, Steering Gear, Daya Pompa Hidrolik


Abstract

Oil tanker 3500 LTDW which built in PT. Dumas TPS is a merchant vessel transporting oil products cargo owned by PT. Pertamina (Persero). In the construction process of this ship, need special considerations with regard to the safety aspects of crews and cargo carrying, including in terms of the planning system. One is the design of hydraulic steering gear system, which should have a level of efficiency and high security. Aspect that need to be considered in design a hydraulic steering gear system is to determine the type of rudder that will be used, the greater of rudder force required to deflect by rudder tiller, oil pressure in the hydraulic cylinder, and hydraulic power pack to the determination of appropriate capacity required by the system. In the 3500 LTDW oil tanker ship has designed a type of semi spade rudder with the hydraulic propulsion system planning. However, necessary to analyze and review of this system that was created by the shipyard by comparing plans made by author. Is the design system is feasible and meets the spesifications of steering gear hydraulic power pump which available Of the discussion that has been done, the calculation results obtained hydraulic power pump of steering gear for semi spade rudder type owned by PT. Dumas TPS meets the spesifications of steering gear provided in the amount of 5,98 kW. With the oil pressure in the cylinder hydraulic is 5.367.304.8 N/m2. And the rudder force is 229601,37 N. So, it has decent steering system to be operated Keywords: Oil tanker, Rudder, Steering Gear, Hydraulic Power Pump


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Arie Indartono
Dosen Pembimbing 2 : Arie Indartono

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.