PERHITUNGAN DAYA POMPA PADA SISTEM HIDROLIK STEERING GEAR DI KAPAL TANKER 3500 LTDW

CALCULATION OF POWER PUMP THE HYDRAULIC STEERING GEAR SYSTEM ON THE TANKER 3500 LTDW

Rendy Fidian Nurizah Hermono (6310030056)


Abstrak

Perencanaan pemasangan suatu sistem kontrol yang ada pada kapal haruslah memiliki tingkat efisiensi yang tinggi. Kemudi merupakan salah satu bagian sistem propulsi kapal yang sangat penting untuk mengendalikan arah gerak kapal pada saat berbelok. Dalam perencanaan sebuah sistem penggerak kemudi pada kapal juga harus mampu memenuhi kemampuan olah gerak kapal. Termasuk perencanaan sistem steering gear yang terdapat pada kapal tanker 3500 LTDW. Kemampuan arah gerak kapal tergantung pada pemilihan sistem penggerak kemudi. Pada kapal tanker 3500 LTDW menggunakan sistem penggerak hidrolik steeering gear, yang mempunyai komponen-komponen pendukung antara lain 2 buah silinder, satu set power pack. Pada laporan tugas akhir ini dilakukan perhitungan daya pompa yang diperlukan untuk mensuplai fluida cair sebagai penggerak silinder yang terhubung pada kemudi. Hasil dari perhitungan manual dengan lebar daun kemudi 7,9 m2 , didapat gaya pada kemudi sebesar 229601,372 N untuk daya pompa yang dibutuhkan sebagai mensuplai fluida cair sebagai penggerak silinder sebesar 5,818 Kw.


Abstract

Planing tehe installation of a control system on the ship must have a high level of efficiency. Rudder is one of the ship propulsion system which is very important to control the direction of motion the ship at time of turn. In planing a rudder on the ship propulsion system must also be able to meet the capabilities of motion if the vessel. Including planning steering gear system on the 3500 tanker LTDW. Ability depends on the direction of motion the ship steering gear system selection. In the 3500 LTDW using steering gear hydraulic system, which has the technical component such as cylinder two pieces, one set of power pack. At this field project report calculation the pump power needed to supply the liquid fluid as a driver at the wheel cylinder are conected. Result of the calculations manually with rudder width of 7,9 m2, obtain in the rudder force of 229601,372 N for pump power needed to supply the liquid fluid as the drive cylinder of 5,818 Kw.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Emie Santoso
Dosen Pembimbing 2 : Emie Santoso

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.