ANALISA NILAI KEKERASAN BAUT CONNECTING ROD DEFORMATIF PADA MESIN DIESEL TIPE HND TBD 234 V.8

HARDNESS VALUE ANALYSIS OF CONNECTING ROD BOLT DEFORMATIF ON DIESEL ENGINE TYPE HND TBD 234 V.8

Beni Kurnia (6310030055)


Abstrak

ABSTRAK ANALISA NILAI KEKERASAN BAUT CONNECTING ROD DEFORMATIF PADA MESIN DIESEL TIPE HND TBD 234 V.8 Oleh Beni Kurnia NRP. 6310030055 Pentingnya melakukan perawatan pada mesin adalah salah satu pencegah kerusakan mesin. Masalah pada mesin diesel HND TBD 234 V.8 adalah baut pada connecting rod yang mengalami deformasi. Kerusakan tersebut diakibatkan oleh kerusakan pada sistem pendingin dan pelumasan mesin tersebut dan berakibat piston macet, sementara crankshaft tetap berputar. Sebagai konsekuensi, baut connecting rod mengalami deformasi akibat penetrasi dari crankshaft. Deformasi tersebut mengakibatkan nilai kekerasan pada material baut berubah, sehingga menurunkan kualitas fungsi sebagai pengikat. Penelitian ini dilakukan dengan material baut connecting rod pada mesin diesel HND TBD 234 v.8 untuk mengetahui bagaimana pengaruh baut yang mengalami deformasi terhadap tingkat kekerasan rata-rata pada masing-masing variasi baut connecting rod tersebut sehingga perlu diadakan uji hardness, di mana uji hardness yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode Vickers. Pengujian yang telah dilakukan pada baut connecting rod deformatif pada mesin diesel tipe HND TBD 234 V.8 dapat diketahui bahwa perubahan deformasi yang terjadi pada posisi A3 sebesar 1,6129% dari nilai kekerasan yang diizinkan. Akibat dari deformasi pada posisi A3 yaitu perubahan kenaikkan nilai kekerasan pada posisi B2 sebesar 0,46083% dan posisi B3 sebesar 1,15207%. Kata kunci: Deformasi, Nilai Kekerasan, Pengujian Hardness.


Abstract

ABSTRACT HARDNESS VALUE ANALYSIS OF CONNECTING ROD BOLT DEFORMATIF ON DIESEL ENGINE TYPE HND TBD 234 V.8 By Beni Kurnia NRP. 6310030055 The importance of doing maintenance on the machine is one of preventing engine damage. Problems in diesel engine TBD 234 V.8 HND is the connecting rod bolts are deformed. Damage is caused by damage to the cooling system and lubrication piston engine and the resulting traffic jam, while still rotating crankshaft. As a consequence, the connecting rod bolt is deformed due to the penetration of the crankshaft. Deformation resulted in material hardness values bolt turns, thus decreasing the quality function as a binder. This research was conducted with the material connecting rod bolts on diesel engine HND TBD 234 v.8 to know how to influence deformed bolts on the level of the average hardness of each connecting rod bolts variation so that there should be a test of hardness, where hardness test is done is by using the Vickers method. Testing has been done on the connecting rod bolts deformatif on diesel engine type HND TBD 234 V.8 can be seen that changes in deformation that occurs at position A3 for 1.6129% of the value of violence are allowed. Result of deformation at the A3 position changes increase the hardness value of 0.46083% position B2 and B3 position at 1.15207%. Keywords: Deformation, Hardness Value, Hardness Test.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Muhammad Shah
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.