PERENCANAAN SISTEM PENGGERAK RAMP DOOR PADA KAPAL FERRY 1200 PAX

DESIGN OF DRIVE SYSTEM RAMP DOOR ON FERRY 1200 PAX

Akhmad Fajrin Aminanta (6310030041)


Abstrak

Kapal ferry atau kapal penyeberangan adalah sebuah kapal transportasi jarak dekat. Ferry mempunyai peranan penting dalam sistem pengangkutan bagi banyak kota pesisir pantai, membuat transit langsung antar kedua tujuan dengan biaya lebih kecil dibandingkan jembatan atau terowongan. Kapal Ferry 1200 PAX ini adalah kapal ferry milik PT. PANN (Persero) yang dioperasikan oleh PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero), memiliki tugas untuk menjadi sarana penyeberangan manusia dan kendaraan dari Merak Banten Menuju ke Bakaheuni Lampung. Sebelum datang di Indonesia kapal ini beroperasi di perairan Eropa, selama beroperasi disana kapal ini tidak dilengkapi dengan ramp door karena disana ramp door terpasang pada pelabuhan bukan pada kapal. Untuk menyesuaikan keadaan pelabuhan di Indonesia maka kapal tersebut akan dimodifikasi dengan penambahan ramp door. Berdasarkan pendekatan perhitungan secara teoritis didapatkan nilai gaya angkat tali sebesar 61,47 kN untuk ramp door utama dan 125,17 kN untuk ramp door lipat sedangkan nilai untuk daya motor didapatkan sebesar 27,53 kW untuk ramp door utama dan 39,28 kW untuk ramp door lipat. Kata kunci : Ramp Door, Gaya, Daya


Abstract

Ferry or ship crossings was a transport vessel at close range. The Ferry had an important role in the system of transport for many of the city's shoreline, making direct transit between the two destinations and costs less than a bridge or tunnel. 1200 PAX Ferry is a ferry owned by PT PANN (Persero) which is operated by PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), have a duty to be a means of human and vehicle crossings of Merak Banten to Bakaheuni Lampung. Before arriving in Indonesia ship operates in waters of Europe, during the operation there was not equipped with a ramp door because there ramp door attached to the port is not on board. To adjust the State of the port in Indonesia then the ship will be modified with the addition of a ramp door. Based on the calculation approach theoretically derived values force of wire rope 61,47 kN for the main door and ramp 125.17 kN for ramp door fold while the value for the motor power is obtained by 27,53 kW for the main door and ramp 39,28 kW for ramp door. Key Words : Ramp Door, Force, Power


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Mardi Santoso
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.