PROSES REPLATING PADA LAMBUNG KAPAL KMP. SALINDO MUTIARA I

HULL REPLATING OF KMP. SALINDO MUTIARA I

Puji Astuti (6310030024)


Abstrak

PROSES REPLATING PADA LAMBUNG KAPAL KMP. SALINDO MUTIARA 1 Nama Mahasiswa : Puji Astuti NRP : 6310030024 Jurusan : Teknik Permesinan Kapal PPNS Dosen Pembimbing : Budi Prasojo, ST. MT ABSTRAK KMP. Salindo Mutiara 1 adalah kapal penumpang penyeberangan Bali-Lombok dengan jarak tempuh 53 mil. Jaminan keselamatan dan keamanan penumpang dan muatan barang dari kapal ferry ini harus menjadi perhatian khusus. Saat operasi, kapal sebagai salah satu alat transportasi akan melalui berbagai macam kondisi, baik itu yang disebabkan oleh faktor alam maupun yang disebabkan oleh faktor kondisi lingkungan. Hal ini dapat mengakibatkan kapal mengalami kerusakan pada konstruksinya maupun peralatan kapal sebagai item pendukung dalam beroperasi. Salah satu kerusakan yang sering terjadi adalah penipisan plat lambung kapal. Untuk mengetahui pengurangan ketebalan plat maka setiap tahunnya dilakukan pengujian ultrasonic wall thickness. Hasil pengujian tersebut dicatat pada gambar bukaan kulit kapal. Dari hasil pengujian tersebut dapat diketahui berapa pengurangan ketebalan plat dari ketebalan aslinya dan dimana posisi plat yang mengalami penipisan paling cepat. Selanjutmya hasil pengujian tersebut dicek berdasarkan standart biro klasifikasi Indonesia (BKI). Apabila ketebalan plat tersebut kurang dari 80% ketebalan plat asli atau mengalami penipisan lebih dari 20% maka plat tersebut harus diganti dengan plat baru. Dari hasil pengujian ultrasonic thickness pada KMP. Salindo Mutiara 1 terdapat beberapa plat yang ketebalannya sudah tidak memenuhi standart. Maka plat tersebut harus diganti. Proses penggantian plat tersebut diawali dengan pemotongan plat yang yang lama. Selanjutnya dilakukan penggantian plat baru dengan ketebalan plat yang sama dengan plat aslinya. Setelah penggantian plat selesai, dilakukan inspeksi hasil pengelasan terhadap kebocoran. Apabila terdapat kebocoran maka plat tersebut harus dilas ulang. Kata kunci: Replating, plat lambung kapal, pengujian ultrasonic wall thickness


Abstract

HULL REPLATING OF KMP. SALINDO MUTIARA 1 Nama Mahasiswa : Puji Astuti NRP : 6310030024 Jurusan : Teknik Permesinan Kapal PPNS Dosen Pembimbing : Budi Prasojo, ST. MT ABSTRACT KMP. Salindo Mutiara 1 is ferry boat that is responsible for Bali-Lombok route, whose distance is 53 miles. The safety and security aspect of passengers and cargo undoubstedly have become particular concern. During the operation, a ship will be going through several different conditions that may cause damage. Those conditions can damage ship construction and ship supporting equipment. To measure the plate thickness, in case of depletion, ultrasonic wall thickness test is conducted in each repair. The result will be written on the sheel expansion of ship. It is used to determine not only the exact value of depletion but also position of plate which has the most rapid depletion. The result is then compared with standart of Indonesian classification bureau (Biro Klasifikasi Indonesia). If the plate?s thickness has decreased up to more than 20%, it must be replated with a new one. Ultrasonic wall thickness test has been conducted to check KMP. Salindo Mutiara 1, based on the result several plates do not meet the standard thus they must be replaced. Replating begins with cropping old plates and replacing them with new ones which are as thick as the original plate. After being replaced, new plates will be checked whether they have any leakage. If there is any leakage, those plates will be re- weld. Keywords: replating, hull plate, ultrasonic wall thickness test


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Budi Prasojo
Dosen Pembimbing 2 : Budi Prasojo

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.