DESIGN POROS VERTIKAL DAN RODA GIGI PADA SRP (STEERABLE RUDDER PROPELLER)

DESIGN SHAFT VERTICAL AND GEARS ON SRP (STEERABLE RUDDER PROPELLER)

Edo Tunas Hutomo (6310030023)


Abstrak

DESIGN POROS VERTIKAL DAN RODA GIGI PADA SRP (STEERABLE RUDDER PROPELLER) Nama Mahasiswa : Edo Tunas Hutomo NRP : 6310030023 Jurusan : Teknik Permesinan Kapal, PPNS Dosen Pembimbing : Wahyudi, ST, MT. ABSTRAK KT. BIMA VI merupakan jenis kapal tunda (tug boat) yang beroperasional di daerah perairan Surabaya. Kapal ini dirancang memiliki kecepatan 10 knots dengan menggunakan 2 buah main engine tipe SWD 6FHD-240 four stroke diesel engine berdaya 1200 HP dengan putaran engine 1000 RPM. Kapal ini dilengkapi dengan SRP (steerable rudder propeller) tipe SCHOTTEL SRP ? 502. Dalam satu paket SRP (steerable rudder propeller) terdapat poros vertikal dan poros horisontal. Pada poros vertikal terdapat beberapa komponen yaitu kopling dan roda gigi payung. Kedua komponen itu sangat mempengaruhi sistem kerjanya, oleh karena itu perlu dilakukan perhitungan ulang untuk mengetahui dimensi poros vertikal, kopling, dan roda gigi pada poros vertikal. Dari perhitungan diperoleh poros vertikal diameter poros 140 mm dan diameter selongsong poros 252 mm. Untuk roda gigi payung diperoleh jumlah gigi Z1 14, Z2 49 dan diameter lingkaran jarak bagi 250,45 mm, diameter lingkar kepala 69,78 mm. Untuk kopling diperoleh diameter luar kopling 335 mm dan panjang bos 125 mm. Kata kunci : KT. BIMA VI, SRP (steerable rudder propeller), poros vertikal, roda gigi payung, kopling.


Abstract

DESIGN SHAFT VERTICAL AND GEARS ON SRP (STEERABLE RUDDER PROPELLER) Name : Edo Tunas Hutomo NRP : 6310030023 Department : Marine Engineering, PPNS Dosen Counsellor : Wahyudi, ST, MT. ABSTRACT KT. BIMA VI is a type of tugboat (tug boat) which is operating in the territorial waters of Surabaya. This ship has a designed speed of 10 knots using two pieces of main engine type 6FHD SWD-240 four stroke diesel engine with a powerful 1200 HP 1000 RPM engine speed. The vessel is equipped with SRP (steerable rudder propeller) type Schottel SRP - 502. In one package SRP (steerable rudder propeller) shaft are vertical and horizontal axis. On the vertical axis there are several components of the clutch and gears. The two components that greatly affect the system works, therefore it is necessary to know the recalculations dimensional vertical shaft, coupling, and gears on the vertical axis. Obtained from the calculation of the vertical shaft shaft diameter 140 mm and 252 mm diameter shaft sleeve. To obtain an gear tooth number 14 Z1, Z2 49 and the diameter of the circle for a distance 250.45 mm, 69.78 mm diameter head circumference. To obtain coupling 335 mm outer diameter and 125 mm long boss. Keywords: KT. BIMA VI, SRP (steerable rudder propeller), vertical shaft, gears, coupling.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Wahyudi
Dosen Pembimbing 2 : Wahyudi

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.