ANALISA KERUSAKAN SISTEM HIDROLIK PADA KEMUDI KAPAL IKAN INKA MINA 176

DAMAGE ANALYSIS ON STEERING HYDRAULIC SYSTEM OF INKA MINA 176 FISHING VESSEL

Adi Budiono (6310030017)


Abstrak

ABSTRAK Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang dulunya sistem kemudi menggunakan manual sekarang sudah menggunakan sistem pemindah tenaga yaitu sistem hidrolik. Sistem kemudi pada sebuah kapal merupakan salah satu komponen yang vital, karena dengan sistem kemudi inilah kapal dapat dikendalikan sesuai dengan arah yang diinginkan. Walaupun prinsip kerjanya sederhana namun dapat mengendalikan rudder dari jarak yang cukup jauh dengan aman, nyaman, dan akurat. Prinsip kerja dari system hydraulic steering gear adalah suatu sistem kemudi kapal dimana proses pemindah tenaga untuk mendorong daun kemudi agar dapat membelokkan kapal ke arah yang diinginkan menggunakan sistem fluida cair bertekanan untuk mengatur daun kemudi yang disebut juga dengan sistem hidrolik. Penggunaan sistem ini juga terdapat pada kapal INKA MINA 176 buatan PT.F1 PERKASA. Oleh karna itu dalam tugas akhir ini akan dilakukan perhitungan desain rudder kapal berdasarkan rule Biro Klasifikasi Indonesia, menghitung force dan gaya torsi pada daun kemudi, mengidentifikasi kerusakan hidrolik pada steering gear kapal INKA MINA 176. Dari hasil perhitungan torsi kemudi yang diperoleh bahwa besar torsi yang dihasilkan kemudi (500,20 Nm) lebih besar daripada besar torsi hidrolik yang digunakan (450 Nm), maka dibutuhkan pompa hidrolik yang menghasilkan torsi minimal 500, 20 Nm dan berdasarkan spesifikasi hidrolik yang tersedia dipasaran dapat menggunakan hidrolik jenis S5015 yang mampu menghasilkan torsi sebesar 886 Nm dengan diameter silinder 50mm dari yang sebelumnya menggunakan hidrolik tipe S3218 yang hanya mampu menghasilkan torsi sebesar 450 Nm dengan diameter silinder 32 mm dan besarnya daya pompa yang dibutuhkan untuk sistem hidrolik tersebut harus menggunakan pompa yang memiliki daya 45,56 HP dengan rpm minimal 650 rpm. Kata kunci: hidrolik, kemudi, daya pompa hidrolik, torsi kemudi


Abstract

ABSTRACT The development of science and technology which was formerly using a manual steering system, it has now been using a power transfer system called hydraulic system. The steering system on a ship is one of the vital components, because a ship can be controlled in accordance with the desired direction with this system. Although the principle is simple but it works to control the rudder from a considerable distance with a safe, convenient, and accurate. The working principle of hydraulic steering gear system is a system of steering the ship where energy transfer process to push the steering in order to deflect the ship in the desired direction using pressurized liquid fluid system to regulate the steering which is also called the hydraulic system. This system also found on the ship made by PT. F1 PERKASA, INKA MINA 176. In this final project, ship rudder design will be calculated based on Biro Klasifikasi Indonesia, calculate force and torque on the steering system, indentify hydraulic damage on the steering gear INKA MINA 176. From the calculation results obtained by the steering torque, the torque resulting by the rudder (500.20 Nm) is greater than hydraulic torque used (450 Nm), it is required hydraulic pump that produces at least 500, 20 Nm torque and based on hydraulic specifications available on market can use a hydraulic type S5015 which is able to produce 886 Nm torque with a 50mm in cylinder diameter, which were previously using hydraulic type S3218 that is able to produce only 450 Nm torque with32 mm in cylinder diameter and the power pump required by that hydraulic system should use the pump which has 45.56 HP at a minimum 650 rpm Keywords: hydraulic, steering gear, hydraulic pump power, steering torque


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Heroe Poernomo
Dosen Pembimbing 2 : Heroe Poernomo

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.