ANALISA TEKNIS RENCANA REPOWERING KT. ANGGADA XIV DARI 2 X 486 HP MENJADI 2 X 1000 HP

TECHNICAL ANALYSIS OF KT. ANGGADA XIV REPOWERING PLAN FROM 2 X 486 HP MENJADI 2 X 1000 HP

Bachtiar Arsandy (6310030005)


Abstrak

Kapal tunda adalah kapal yang dapat digunakan untuk melakukan manuver atau pergerakan, utamanya menarik atau mendorong kapal lainnya di pelabuhan. Kapal tunda digunakan pula untuk menarik tongkang, kapal rusak, dan peralatan lainnya. Kapal tunda mempunyai fungsi yang sangat penting di pelabuhan, yaitu membantu kapal-kapal besar untuk bersandar di pelabuhan. Hal ini dikarenakan kapal-kapal besar mempunyai gerakan manouver yang terbatas. KT. Angada XIV adalah kapal tunda pelabuhan milik PT.Pelabuhan Indonesia III yang dibuat untuk membantu operasional pelabuhan di wilayah PT. Pelabuhan Indonesia III. Dikarenakan kapal tersebut mempunyai daya yang kecil dan hanya mempunyai kekuatan tarik 10 ton, maka kapal tersebut tidak mampu melayani fasilitas tunda saat ini. PT. Pelabuhan Indonesia III berencana akan melakukan penggantian daya mesin induk dari 2 x 486 HP menjadi 2 x 1000 HP pada kapal tersebut agar bisa beroprasi sebagaimana mestinya. Berdasarkan perhitungan kekuatan tarik secara teoritis, dengan memakai engine berkapasitas 2 x 1000 HP kapal tersebut mempunyai kekuatan tarik sebesar 36,52 ton dan dapat menarik kapal Hijau Semangat dan Meratus Bontang dengan kecepatan 6 knot. Kata Kunci: Mesin Induk, repowering, Bollard Pull.


Abstract

Tugboat can be used to maneuver or movement, the main tug are use to push or pull other vessels in the harbor. Tugs are also used to pull barges, ships damaged, and other equipment. Tugboat have very important function in the port, which helps large ships in the harbor to lean. Because the large ships have limited movement to manouver. TB. Anggada XIV is harbor tug owned by PT. Pelabuhan Indonesia III is designed to assist in the port operational area of PT. Pelabuhan Indonesia III. Cause of the ship have small power and only have 10 tons bollard pull, the ship is not able to serve the pull facility in this time PT. Pelabuhan Indonesia III have plan to repowering the main engine from 2 x 486 HP become 2 x 1000 HP on this ship to can work properly. Based on the bollard pull theoretical calculation, using engine capacity of 2 x 1000 HP this ship have 36,52 tons bollard pull and can pull the Hijau Semangat ship and Meratus Bontang ship with a speed of 6 knots. Keyword: Main Engine, Repowering, Bollard pull


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Muhammad Muhadi Eko Prayitno
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.