PROSES KERJA PROPELLER CPP (CONTROLLABLE PITCH PROPELLER) PADA KM. ARMADA SERASI

CPP PROPELLER WORKING PROCESSES (CONTROLLABLE PITCH PROPELLER) OF KM. ARMADA SERASI

Achmat Basri (6310030004)


Abstrak

Di zaman yang modern seperti sekarang ini ilmu pengetahuan telah mengalami perkembangan yang sangat pesat, terutama pada dunia perkapalan. Alat gerak kapal yang dulunya memanfaatkan tenaga angin (layar) dan tenaga manusia (dayung) untuk menggerakkan kapal, kini sudah mengalami kemajuan. Tapi banyak kapal yang masih menggunakan propeller dua arah putaran yang sangat tidak efisien. Karena harus bekerja dua kali untuk melakukan pergantian arah putaran propeller. Dari posisi kapal bergerak maju ke posisi kapal bergerak mundur putaran mesin perlu diturunkan ke putaran yang lebih rendah terlebih dahulu. Dengan adanya sistem yang lebih efisien maka sangat menguntungkan bagi pergerakan kapal, karena hanya melakukan satu arah putaran propeller saja. Maka dari itu terciptalah sistem propulsi dengan menggunakan propeller sistem (CPP) yang memanfaatkan perubahan sudut daun propeller untuk menghasilkan daya dorong yang berbeda. Untuk mengetahui pengaruh perubahan sudut propeller CPP terhadap daya dorong kapal maka dilakukan perhitungan tahanan kapal. Dari perhitungan tahanan tersebut, selanjutnya dapat digunakan untuk menentukan sudut pitch operasional. Jika sudut operasional sudah diketahui maka daya dorong pada setiap sudut pitch operasional dapat dihitung. Dari hasil pembahasan tugas akhir ini diperoleh kesimpulan bahwa daya dorong kapal berbanding lurus dengan perubahan sudut daun propeller. Semakin besar sudut daun propeller maka daya dorong yang dihasilkan semakin besar pula. Pada KM. ARMADA SERASI ini sudut maksimumnya sebesar 19,92? yang menghasilkan daya dorong kapal sebesar 2481,20 kW.


Abstract

In the modern era, science has grow rapidly. Especially in shipping word. The ship?s locomotor that use the wind power and human labor to move the ship,is now progressing. But many ships are still using two-way round the propeller is very inefficient. Because it must work twice to change rotation of the propeller. From the position of the ship is moving forward to the position of the ship is moving backward the engine speed needs to be reduce to the lower speed. With more efficient system, it is very beneficial to the ship maneuver, because it just needs one direction of propeller rotation. Thus creating a propulsion system using Controllable Pitch Propeller (CPP) which utilizes the changes of propeller?s leaf angle to generate thrust. To determine the effect of changes in the angle of the CPP propeller, it should calculate the thrust of the ship. From that calculation, then it will be used to determine the pitch angle of operation. If the operational angle have known, the thrust on each operational pitch can be calculated. Based on the result of this thesis it is concluded that the ship thrust is proportional to the change in leaf angle of the propeller. Increase so the thrust will be increase too. The maximum angle of KM. ARMADA SERASI is 19,92 which produces 2481,20 kW.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Nasri Dawo
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.