REDESAIN RODA GIGI LURUS PADA MESIN BUBUT FULLTONTECH CF61125A DALAM PEMBUATAN ULIR THREE WAY THREAD

REDESAIN SPUR GEAR ON FULLTONTECH CF61125A LATHE IN THE MANUFACTURE SCREW THREE WAY THREAD

Yusuf Wijiarso (6310030003)


Abstrak

Dalam proses produksi di PT. Apie Indo Karunia, mesin bubut fulltontech CF61125A mengerjakan berbagai macam benda produksi seperti ulir. Mesin bubut ini dilengkapi dengan gearbox untuk memfariasikan kecepatan sesuai dengan module. Pada proses pengerjaan ulir berukuran module 4 digunakan kecepatan 96 rpm. Namun, hasil pengerjaan ulir pada shaft kurang maksimal. Oleh karena itu, dalam project work ini mendesain ulang roda gigi dengan dimensi yang lebih besar. Desain baru dari roda gigi hanya sebatas pada perubahan dimensi. Metode yang digunakan adalah dengan perhitungan manual dengan metode lewis. Ada dua desain yaitu roda gigi dengan gigi 77 dan 98. Selanjutnya akan dianalisa untuk mengetahui beban ? beban yang diterima oleh masing ? masing roda gigi. Setelah dilakukan perhitungan 2 desain roda gigi tersebut, dapat diketahui bahwa beban yang diterima roda gigi berbanding lurus dengan dimensi. Desain 1 dengan z = 77 adalah 8810.446 N dan desain 2 dengan z = 98 adalah 12921.968 N. Untuk proses pembuatan ulir dengan module 4, maka digunakan roda gigi dengan jumlah gigi 77, 127, dan 98. Dari urutan roda gigi tersebut, maka diketahui besar jarak pitch dari ulir adalah 12.56 mm.


Abstract

In the production process at PT. Indo Apie gift, lathe fulltontech CF61125A do a variety of things such as thread production. This lathe is equipped with a gearbox to speed memfariasikan specific to the module. In the process of measuring module 4 used screw speed 96 rpm. However, the results of work on the threaded shaft less than the maximum. Therefore, in this work project redesigned gears with larger dimensions. The new design of the gears was limited to dimensional changes. The method used is the manual calculation with lewis method. There are two designs namely gear with 77 teeth and 98. Will be analyzed to determine the load - load received by each - each gear. After calculating the 2 gear design, it can be seen that the gear load received is directly proportional to the dimensions. Design 1 with z = 77 is 8810.446 N and design 2 with z = 98 is 12921.968 N. To process the threaded module 4, then use the number of gear teeth 77, 127, and 98. Of the order of the gears, the big unknown distance pitch of the screw is 12.56 mm.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Hariyanto
Dosen Pembimbing 2 : Aang Wahidin

Program Studi : D3 - TEKNIK PERMESINAN KAPAL
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.