Penyebab terjadinya deformasi pada proses block joint erection proyek kapal perintis 1200 GT yang dibangun PT. Dumas Tanjung Perak Shipyard

CAUSES DEFORMATION IN THE JOINT BLOCK ERECTION SHIP PERINTIS PROJECT IN 1200 GT ARE BUILT PT DUMAS TANJUNG PERAK SHIPYARD

Muhamad Fajriadi (6213030013)


Abstrak

ABSTRAK PENYEBAB TERJADINYA DEFORMASI PADA PROSES BLOCK JOINT ERECTION PROYEK KAPAL PERINTIS 1200 GT YANG DIBANGUN PT DUMAS TANJUNG PERAK SHIPYARD Oleh: Muhamad Fajriadi NRP: 6213030013 Pembangunan kapal baru selalu dimulai dari proses fabrikasi hingga proses erection. Dalam setiap proses pembangunan kapal sering terjadi permasalahan dari hal kecil hingga hal besar, permasalahan tersebut dapat mempengaruhi produktivitas dalam proses pembangunan kapal. Salah satu permasalahan tersebut dikarenakan pengerjaannya masih belum memenuhi standart berdasarkan standart toleransi yang berlaku. Pada proses erection sering terjadi permasalahan seperti perubahan bentuk (deformasi), permasalahan ini dapat mempengaruhi suatu produktivitas dalam pembangunan kapal pada proses block joit erection. Pada permasalahan ini kami meneliti tentang factor penyebab terjadinya deformasi pada proses block joint erection proyek kapal perintis 1200 GT di PT. Dumas tanjung perak shipyard. Untuk itu diperlukan sebuah data WPS dan PQR. Dimana data arus dan tegangan listrik pada WPS dan PQR dijadikan acuan untuk membandingkannya dengan data arus dan tegangan listrik yang digunakan oleh welder pada saat proses pengelasan block joint erection dan peneliti melakukan survey di galangan pada saat proses fit up joint erection. Dengan adanya besaran deformasi yang terjadi dapat mempengaruhi keterlambatan dalam pembangunan kapal apabila pada saat pengukuran besaran deformasi tersebut melebihi standart toleransi yang berlaku. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa factor ? factor penyebab deformasi pada block joint erection dikarenakan arus dan tegangan listrik yang digunakan oleh welder tidak sesuai dengan WPS dan PQR yang telah ditetapkan, terdapatnya miss alignment yang belum diperbaiki pada saat pemeriksaan fit up joint erection dan pada saat pengukuran besaran deformasi yang terjadi melebihi standar toleransi Kata kunci : Block joint erection, Deformasi, WPS dan PQR, Standar toleransi.


Abstract

ABSTRACT CAUSES DEFORMATION IN THE JOINT BLOCK ERECTION SHIP PERINTIS PROJECT IN 1200 GT ARE BUILT PT DUMAS TANJUNG PERAK SHIPYARD By: Muhamad Fajriadi NRP: 6213030013 Construction of new vessels always starts from the manufacturing process to the process of erection. In every process of the construction of ships frequently arise from little things to big things, these problems can affect productivity in the process of construction of the ship. One of the problems is because the process is still not meet the standardsbased on the standards of tolerance applicable. The erection common problems such as deformation, this problems can affect productivity in the contruction of vessel on a joint block erection process. In this issue we examine the causes of the deformation of the joint block erection process ship perintis project 1200 GT in PT. Dumas Tanjung Perak Shipyard. It is necessary for a WPS and PQR as a reference to compare it with the current and voltage of electricity used by a welder during the welding process block joint erection and researchers conducted a survey in dry dock during the fit process up joint erection. With the amount of deformation that occurs can affect the delays in the construction of ships if at the time of measurement of the deformation quantities exceeding the aplcable tolerance. Based on the results of research that has been done that the factors that causes deformation n block jont erection due to the current and voltage of the electricity used by the welder is not in accordance with the WPS and PQR that has been applied, the presence of miss aligntment that has not been corrected at the time of examination fit up joint erection and when measuring the amount of deformation that occurs on exceeding the tolerance. Keyword : Joint block erection, Deformation, WPS and PQR, Standard tolerance.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Rachmad Tri Soelistijono
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK BANGUNAN KAPAL
Angkatan : 2013


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.