?ANALISA PENGARUH KECEPATAN ANGIN PADA PENGELASAN SMAW MENGGUNAKAN UJI RADIOGRAFI?

"ANALYSIS OF EFFECT OF WIND SPEED ON USING WELDING SMAW RADIOGRAPHIC TEST"

Feri Syaifuddin (6213030011)


Abstrak

ABSTRAK PT. DOK PANTAI LAMONGAN adalah sebuah perusahaan lokal dengan akses global yang bergerak di bidang reparasi kapal, salah satu pengerjaanya adalah repair kapal,proses pengelasan yang digunakan adalah SMAW. Untuk pengelasan SMAW, menggunakan elektroda LB 52U E7016 dan E7018, dan jenis material yang digunakan adalah A36. Dalam proses assembly dilapangan terdapat temuan berupa porosity, tepatnya pada bagian root pass dan capping setelah dilakukan radiografi test, cacat porosity tersebut dimungkinkan terjadi karena pengaruh dari kecepatan angin yang tinggi pada saat dilakukan proses pengelasan masing-masing segmen yang dilakukan di ketinggian. Pengelasan akan dilakukan dengan posisi 3G, pada proses pengelasan dilakukan dengan satu perlakuan yaitu menggunakan kecepatan angin yang berbeda alasannya untuk mengetahui perbedaan cacat dari pengaruh kecepatan angin yang berbeda. Spesimen dilakukan dengan proses pengelasan SMAW dengan kecepatan angin yang berbeda yaitu 25 km/jam, 30 km/jam dan 35 km/jam dari ketiga percobaan angin tersebut, dilakukan pengelasan, dengan arah angina dari samping dan depan, setelah dilakukan pengelasan selanjutnya akan dilakukan pengujian radiografi untuk memperoleh data dan kemudian mengetahui hasil cacat dari las-lasan. Pada penelitian ini dapat membuktikan bahwa kecepatan angin sangat berpengaruh pada hasil las-lasan, ini dikarenakan adanya faktor kecepatan angin yang secara signifikan masuk kedalam las-lasan. Pada pengujian radiografi membuktikan angin dengan kecepatan 25 km/jam cacat tidak terlalu banyak dan diameter cacat kurang dari 20% dari ketebalan material, sehingga las-lasan pass masih memenuhi standart, sedangkan angin dengan kecepatan 30 km/jam dan kecepatan angin 35 km/jam seorang welder tidak boleh melakukan proses pengelasan karena hasilnya akan fail, pengaruh dengan cost dan waktu. Untuk mengatasi kecepatan angin yang tinggi maka harus meminimalisir angin yang masuk dengan cara ditutup supaya angin tidak langsung tekena pada las-lasan dan cacat bisa diminimalisir. Kata kunci : kecepatan angin, radiografi dan cacat las.


Abstract

ABSTRACT PT. DOK BEACH LAMONGAN is a local company with global access engaged in ship repair, one pengerjaanya is ship repair, welding process used is SMAW. For SMAW welding, using electrodes LB 52U E7016 and E7018, and the type of material used is A36. In the process of assembly in the field are the findings of porosity, exactly in the root pass and capping after radiographic test, the porosity defects occurred as the effect of high wind speed at the time of the welding process each segment is performed at high altitudes. Welding will be done with the 3G position, the welding process is done with a treatment that uses a different wind speeds to determine the reason for the difference is flawed from the influence of different wind speeds. Specimens carried out by the welding process SMAW with wind speeds of different namely 25 km / h, 30 km / h and 35 km / h from three experiments such winds, welding, with the direction of wind from the side and front, after welding will be done testing radiography to obtain the data and then find out the result of defective welds. In this study may prove that the wind speed is very influential on the outcome of welds, is due to the wind speed factor significantly into the welds. In testing the radiographic prove the wind with a speed of 25 km / h defect is not too much and the diameter of the defect is less than 20% of the thickness of the material, so that the welds pass still meet the standards, while the wind with a speed of 30 km / h and wind speeds of 35 km / h a welder should not perform the welding process because they will fail, the effect of the cost and time. To cope with high wind speed then have to minimize wind coming by way of closed so the wind does not directly hit by the welds and defects can be minimized. Keywords: wind speed, radiography and weld defects.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Endang Pudji Purwanti
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK BANGUNAN KAPAL
Angkatan : 2013


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.