Analisa Perbedaan Penawaran Biaya Awal dengan Real Pelaksanaan Reparasi Pada KM. Tanto Rejeki

ANALYSIS OF DIFFERENCES EARLY DEALS OF REPAIR WITH REAL COST OF REPAIR IN KM. TANTO REJEKI

Esti Rohmawati (6213030008)


Abstrak

ABSTRAK Dalam beroperasinya sebuah kapal untuk mengembalikan performa kapal perlunya dilakukan perawatan dan perbaikan secara berkala. Dalam pelaksanaan perawatan dan perbaikan kapal ini, galangan memiliki peranan penting , terutama galangan yang bergerak di bidang reparasi kapal. dan dalam pelaksanaan reparasi tentunya ada penawaran biaya awal untuk mengetahui besarnya biaya dan kerusakan apa saja yang terjadi pada kapal tersebut. Metode analisa yang digunakan pada analisa ini merupakan langkah ?langkah yang diawali denga n analisa penawaran biaya awal reparasi kemudian real pelaksanaan reparasi kemudian didapat perbedaan biayanya. Dari hasil analisa yang dilakukan didapatkan biaya penawaran awal sebesar Rp. 928.155.600,00. Dan untuk biaya real pelaksanaan reparasi didapat biaya sebesar Rp. 974.538.098,00. Dan diketahui selisihnya adalah sebesar Rp. 46.382.498,00. Selisih tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yang terjadi pada saat reparasi. Kata Kunci : Biaya, Reparasi kapal, Kapal


Abstract

ABSTRACT In the operation of a vessel to restore the performance of ship maintenance and repairs need to be done periodically. In the implementation of maintenance and repair of these ships, the shipyard has an important role, especially shipyard engaged in ship repair. and in the implementation of the reparations of course there is the initial cost bidding to determine the costs and damage anything that happens on the ship. The analytical methods used in this analysis is a series of manageable steps that begins with an analysis of the initial cost deals reparations then real implementation of reparations then obtained difference costs. From the analysis conducted found early tender fee of Rp. 928,155,600.00. And for the real cost of the implementation of the reparations obtained for Rp. 974,538,098.00. And note the difference is Rp. 46,382,498.00. The difference is caused by several factors that occur at the time of repair. Keywords: Cost, Repair of ships, Ship


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Aang Wahidin
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK BANGUNAN KAPAL
Angkatan : 2013


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.