ANALISA PENGARUH REDESAIN DARI KAPAL IKAN MENJADI KAPAL TUGBOAT TERHADAP STABILITAS KAPAL

REDESIGN ANALYSIS THE INFLUENCE OF A SHIP OF FISH TO TUGBOAT AGAINTS STABILITY OF SHIP

Ignatius Yudha Anggara (6212030029)


Abstrak

Desain suatu kapal menjadi salah satu komponen utama yang sangat penting dalam pembuatan kapal. Berdasarkan perbedaan fungsi, maka perubahan desain dari kapal ikan menjadi kapal tugboat mempengaruhi beberapa perubahan pada bagian kapal. Perubahan tersebut meliputi layout kapal, consumable, maupun mesin pada kapal. Dari perubahan tersebut, maka perlu dilakukan perhitungan stabilitas. Dengan perubahan tersebut maka analisa dilakukan dengan pendekatan berdasarkan fungsi, identifikasi lapangan, bimbingan dari dosen pembimbing serta para staf PT. F1 PERKASA. Sedangkan analisa pada stabilitas dilakukan pada 3 kondisi yaitu, kondisi kapal kosong (light ship), keberangkatan kapal (Departure), kedatangan kapal (arrival). Dan analisa ini menggunakan software maxsurf dan hidromax. Hasil dari analisa yaitu, perubahan yang perlu dilakukan pada redesain ini adalah Perubahan layout tangki bahan bakar dan tangki air tawar pada kapal, perubahan pada Consumable tangki kapal, bahwa pada desain sebelumnya adalah F.O.T : 1.1 m? dan F.W.T : 1.25 m? menjadi F.O.T 1 : 14.32 m?, F.O.T 2 : 7.9 m? dan F.W.T : 21 m? pada kapal yang sudah di redesain, Perubahan pada mesin kapal, bahwa desain awal daya mesin adalah 185 hp, menjadi 2 x 250 hp sesudah diredesain. Berdasarkan perhitungan, analisa stabilitas kapal dengan 3 kondisi yaitu kondisi kapal kosong, keberangkatan kapal, dan kedatangan kapal Belum memenuhi standard IMO A 749(18). Oleh karena itu dengan adanya optimalisasi stabilitas yaitu pengurangan tangki air tawar, maka hasil analisa dengan 3kondisi yang sama adalah stabilitas kapal telah memenuhi standard IMO A 749(18).


Abstract

The design of a ship being one of the main component that is very important in shipbuilding. Based on a difference functions, then the design of a ship tugboat affect fishing vessels to be some changes on the part of a ship. The changes include layouts of a ship, consumable, and the machine on a ship. Of the changes, then need to do the calculation of stability. With the changes and analysis done with the approach based on function, the identification of the field, the guidance of supervising lecturer and the staff of PT. F1 PERKASA. While the analysis on the stability of the condition is performed in 3, the condition of a hollow vessel ( light ship ), ship departure, the ship arrival. This analysis and use software and hidromax maxsurf. The result of analysis is , changes to be done on this is Layouts change the fuel tank and fresh water tank on a ship, Consumable change in a ship tank, that in the design was previously F.O.T : 1.1 m? and F.W.T : 1.25 m? be F.O.T 1: 14.32 m?, F.O.T 2 : 7.9 m?, F.W.T : 21 m? in redesigning already on a ship , Change on a ship , about that design the beginning of its engine power is 185 hp , to 2 x 250 hp after diredesain . Then based on the calculation , analysis of the stability of a ship with 3 the condition that is the condition on board empty , the departure of ships , and the arrival of the ship has been not meet a standard IMO A 749 (18). So there must be optimilitation of stability, is a minimalizer water tank with the same 3 condition is stability of a ship has been meet a standard IMO A 749(18).


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Ruddianto
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK BANGUNAN KAPAL
Angkatan : 2012


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.