ANALISIS KEKUATAN STRUKTUR KONSTRUKSI AKIBAT PENAMBAHAN SARAT PADA KAPAL MV. TANTO KITA BERDASARKAN RULE BKI

AN ANALYSIS OF CONSTRUCTION STRUCTURE STRENGTH DUE TO ADDITION OF LOADED ON MV. TANTO SHIP BASED ON BKI RULES

Wiwin Rohmawati (6211030017)


Abstrak

Kapal General Cargo yang memiliki = 11065.98 ton dan panjang LPP 108.50 meter telah ditambah sarat sebesar 0.2 meter . Pemilik kapal (Owner) tidak memahami bahwa jika kapal ditambah sarat maka akan mempengaruhi kekuatan strutur terutama kekuatan memanjang kapal. Berdasarkan pada kebutuhan pemilik kapal, target menambah sarat kapal adalah untuk meningkatkan kapasitas bobot mati, oleh karena itu berarti penghasilan juga akan meningkat. Itu adalah aspek pertimbangan ekonomi, tetapi secara teknis, itu akan meningkatkan distribusi beban memanjang pada struktur kapal. Konsekuensinya momen lenturnya yang terjadi juga akan meningkat. Berdasarkan regulasi Biro Klasifikasi Indonesia - BKI, Perhitungan secara teori, setelah ditambah sarat , tegangan stress yang terjadi pada bottom dan deck kapal adalah 251.7322 kg/cm2 dan 278.6032 kg/cm2. Itu artinya perhitungan kekuatan struktur konstruksi masih memenuhi. Kata Kunci : the intensitas load - q, bending moment - M, section modulus - W, stress - ?


Abstract

The general cargo ship which has = 11065.98 ton and 108.50 meter in length between perpendicular was adding draft 0.2 meters . The ship owner does not understand that if ship will be draft added than it will affect the strength of the structure especially the longitudinal strength of ship. Based on the requirement of ship owner, the target of draft added of that ship is to increase the dead weight capacity; by means the income will also be increase. That is economic aspect consideration, but technically, it will be increase the longitudinal load distribution on the ship structure. Cosequently the bending moment occurred will also be increase. Based on the of Indonesia Classification Rule - BKI, Theoretically calculation, after increasing the draft of ship, the stress on the bottom and the the deck of the ship are 251.7322 kg/cm2 and 278.6032 kg/cm2. It means the strength of the structural construction of ship is in safe condition. Keywords : the intensitas load - q, bending moment - M, section modulus - W, stress ? ?


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Budianto
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK BANGUNAN KAPAL
Angkatan : 2011


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.