MODIFIKASI DAUN PROPELLER PADA MV. MERATUS BARITO

MV. MERATUS BARITO LEAF PROPELLER'S MODIFICATION

Ihsan Askaruddin (6210030024)


Abstrak

Salah satu bagian paling penting dari kapal selain konstruksi dan mesin terdapat propeller sebagai sistem propulsi berupa baling-baling, berputarnya propeller akan menghasilkan daya dorong yang akan membuat kapal dapat berlayar, Pada kapal MV.Meratus Barito dilakukan modifikasi daun propeller dikarenakan terjadi overload pada mesin dan berakibat berkurangnya sea margin pelayaran, sea margin sangat penting sebagai daya cadangan karena saat pelayaran terdapat ombak besar dan hewan laut yang menempel pada kulit kapal, untuk memenuhi kebutuhan standar sea margin maka dilakukan modifikasi berupa pemotongan daun propeller untuk mengurangi beban mesin dan dapat menambah persentase sea margin. Proses pemotongan yang dilakukan terlebih dahulu membuat mal dari desain yang baru dan di marking pada daun propeller dan pada tahap penghalusan ujung daun propeller menggunakan gerinda listrik yang dilakukan secara manual sedangkan pada tahap balancing dilakukan dengan metode sederhana, hasil dari modifikasi MV.Meratus Barito sea margin meningkat 16% berdasarkan kurva beban mesin. Key word: daya dorong, daun propeller, pemotongan propeller, modifikasi propeller, sea margin


Abstract

One of the most important parts of the ship beside construction and machinery there is propeller as system propulsion in ship, output from propeller spins will generate thrust and make the ship can sail, MV.Meratus Barito propeller modification occurred due to overload on the machine and result in reduced sea margin when sailing, sea margin is very important as the emergency power when there are big waves and barnacle or fouling on shell, to get standart of sea margin the leaf propeller need to modify with cut the trail edge to reduce engine load and can increase the percentage of sea margin . In cutting process need create the mal from new design and then marking the propeller leaves and finishing step using electric grinding and in balancing process with simple method, result after modification MV.Meratus Barito sea margin increase until 16% according engine load limit curve. Key word: thrust, propeller leaf/leaves, cutting, modification propeller, sea margin


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Aang Wahidin
Dosen Pembimbing 2 : Aang Wahidin

Program Studi : D3 - TEKNIK BANGUNAN KAPAL
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.