STUDI PERBANDINGAN BESARNYA LAJU KOROSI PADA TANK TOP BERDASARKAN PERBEDAAN BENTUK DUDUKAN CONTAINER PADA KAPAL

COMPARISON STUDY OF CORROSION RATE ON THE TANK TOP BASED ON DIFFERENCE SHAPE CONTAINER HOLDER IN THE SHIP

Ady Arwanda (6210030021)


Abstrak

ABSTRAK Studi Perbandingan Besarnya Laju Korosi Pada Tank top Berdasarkan Perbedaan Bentuk Dudukan Container Pada Kapal Nama : Ady Arwanda ( 6210030021 ) Pembimbing : Ir. Bambang Teguh S., MT. Masalah yang sering dihadapi oleh setiap perusahaan pelayaran adalah terjadinya korosi yang tinggi pada setiap kapal. Korosi plat baja kapal merupakan fenomena yang tidak dapat dihindari tetapi dapat dihambat atau dikendalikan untuk mengurangi kerugian dan mencegah dampak negatif yang diakibatkannya. Seperti korosi yang terjadi pada plat tank top. Korosi pada plat tank top kapal dapat mengakibatkan turunnya kekuatan untuk menahan beban. Dengan perbandingan laju korosi pada dua jenis dudukan container ini dapat dijadikan pertimbangan dalam pemilihan dudukan container yang lebih efektif digunakan pada kapal. Teknik yang digunakan tugas akhir ini adalah melakukan pengamatan langsung di lapangan. Obyek observasi adalah dua kapal container dengan jenis dudukan container yang berbeda, yaitu tipe Raised iso socket pada MV. Mentaya River dan tipe Flush socket pada MV. Red Resource. Kemudian dilakukan pengukuran ketebalan plat tank top pada masing-masing kapal. Dari hasil pengukuran tersebut dihitung nilai laju korosinya dan dibandingkan tipe dudukan container yang lebih efektif digunakan. Berdasarkan perhitungan nilai laju korosi maka tipe Raised iso socket lebih efektif digunakan karena nilai laju korosinya lebih kecil dibandingan tipe Flush socket. Dimana nilai rata-rata laju korosi dari tahun 2010 sampai tahun 2013 sebesar 0,0035 cm/tahun. Sehingga dengan perbandingan laju korosi ini dapat dijadikan pertimbangan oleh perusahaan pelayaran dalam melakukan perencanaan dudukan container pada kapal. Kata kunci : plat tank top dan dudukan container


Abstract

ABSTRACT Comparison Study Of Corrosion Rate On The Tank Top Based On Difference Shape Container Holder In The Ship Name : Ady Arwanda ( 6210030021 ) Lecturer : Ir. Bambang Teguh S., MT. The most problems is corrosion on every vessel this company. Corrosion of steel plate on vessel is phenomenon that can not to be avoided. But it still can be control for reduce the cost and prevent the negative effect from it. It is like corrosion on the tank top plate. Corrosion on the tank top plate make reduction of the strength structure to endure the load. By comparison the rate of corrosion on the two types of container holder can be taken into consideration in the selection of a more container holder effectively used on ships. The Methodology that be used is live observation on the location. The observation object is two container ships that repair the plate with different container lashing fitting foundation. That is Raised Iso Socket on MV. Mentaya River and Flush Socket type on MV. Red Resource. Than measured the thickness of the tank top plate on each ship. From the results of these measurements and the calculated value of corrosion rate compared to the type of container holder is more effectively used. Based on the calculation of value corrosion rate, accordingly Rised Iso Socket type more effective to use because value of corrosion rate is smaller than flush socket type. Whereabouts the average of corrosion rate from 2010 until 2013 is 0,0035 cm/year. With the result that comparison value of corrosion rate can be considered by shipping company for planning container holder on the ship. Keywords : tank top plate and container holder


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Bambang Teguh Setiawan
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK BANGUNAN KAPAL
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.