PERBANDINGAN JUMLAH DAN PENEMPATAN ANODA KORBAN ANTARA PENGALAMAN PEMILIK KAPAL DAN RULE NK PADA KAPAL MV. MERATUS BARITO

COMPARISON OF TOTAL AND PLACEMENT ANODE BETWEEN OF SHIP OWNERS EXPERIENCE AND RULE NK ON SHIP MV. MERATUS BARITO

Aisah Wulandari (6210030015)


Abstrak

ABSTRAK PERBANDINGAN JUMLAH DAN PENEMPATAN ANODA KORBAN ANTARA PENGALAMAN PEMILIK KAPAL DAN RULE NK PADA KAPAL MV. MERATUS BARITO Oleh : Aisah Wulandari NRP : 621 003 0015 Korosi adalah proses alam yang tidak dapat dihindari namun dapat dicegah atau diminimalisir. Korosi sangat merugikan karena dapat mengurangi kemampuan suatu konstruksi dalam memikul beban. Untuk itu maka perlu adanya sebuah sistem perlindungan korosi pada sebuah struktur. Perlindungan korosi pada lambung kapal yang sering dipakai yaitu sistem sacrificial anode dengan menggunakan alumunium anode. Sistem tersebut menjadi fokus pada tugas akhir ini yaitu membandingkan jumlah dan penempatan anoda (Alumunium anode) antara pengalaman pemilik kapal dan rule NK pada kapal MV.Meratus Barito. Dari perhitungan laju korosi pada kapal MV. Meratus Barito pada kondisi berlayar selama 5 tahun, didapat rata?rata laju korosi adalah sebesar 1,22 mm/tahun. Laju korosi tertinggi terjadi pada pelat bilge kapal bagian kiri sebesar 0,30 mm/tahun, sedang laju korosi terendah terjadi pada pelat alas bagian kanan kapal sebesar 0,08 mm/tahun. Pemasangan anoda korban jenis aluminium pada pelat lambung kapal MV.Meratus Barito, secara teknis mempunyai kinerja yang baik dan sangat berpengaruh dalam memperlambat laju korosi pelat baja kapal. Dari perhitungan jumlah anoda korban untuk umur proteksi 5 tahun sesuai peraturan klasifikasi NK adalah sebanyak 42 buah dengan jarak 2,5 meter sedangkan jumlah yang terpasang pada kapal MV. Meratus Barito adalah 34 buah. Dari hasil perbandingan diketahui bahwa terdapat selisih perbedaan jumlah antara perhitungan alumunium anode menurut aturan badan klasifikasi NK dengan perhitungan dari pemilik kapal. Kata kunci : Korosi, Alumunium Anoda, Klasifikasi NK, Laju korosi, MV. Meratus Barito, PT. Meratus Line.


Abstract

ABSTRACT COMPARISON OF TOTAL AND PLACEMENT ANODE BETWEEN OF SHIP OWNERS EXPERIENCE AND RULE NK ON SHIP MV. MERATUS BARITO By : Aisah Wulandari NRP : 6210 030 015 Corrosion is a natural process that can not be avoided but can be prevented or minimized. Corrosion is very harmful because it can reduce the ability of a construction to bear the burden. For that it is necessary the existence of a corrosion protection system on a structure. Corrosion protection of a ship hull structures, especially in the protection systems are often used of sacrificial anode systems using the aluminum anode. The system is the focus in this paper is to compare the number and placement of the anode (aluminum anode) between owners ship experience and NK rule on the MV. Meratus Barito. Calculation of the rate of corrosion on the vessel MV. Barito Meratus on sailing conditions for 5 years, obtained average corrosion rate is equal to 1.22 mm / year. Highest corrosion rate occurs on the left side of the ship Bilge plates, that is equal to 0.30 mm / year, while the corrosion rate was lowest in the starboard pedestal plates of 0.08 mm / year. From the calculation of the amount of sacrificial anode protection to age 5 years in accordance NK classification rules are as many as 42 pieces a distance of 2.5 meters while the number installed in the MV. Meratus Barito is 34 pieces. From the comparison of known that there are differences in the amount of the difference between the calculation of the aluminum anode according to the rules of the classification entity NK calculation of ship owners. Keywords: Corrosion, Aluminum Anode, Classification NK, corrosion rate, MV.Meratus Barito, PT.Meratus Line.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Bambang Teguh Setiawan
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK BANGUNAN KAPAL
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.