PENAMBAHAN PENEGAR PADA PENGGANTIAN PLAT BULBOUS BOW KAPAL MV.MERATUS BARITO DITINJAU DARI ASPEK KEKUATAN

STIFFENER ADDITIONING AT REPLATING BULBOUS BOW MV. MERATUS BARITO OBSERVED FROM STRENGTH ASPECT

Novita Sari (6210030009)


Abstrak

ABSTRAK Bulbous bow merupakan bagian kapal yang terletak di haluan dibawah garis air. Pada bulbous bow kapal MV. Meratus Barito mengalami kerusakan, sehingga harus dilakukan reparasi. Penggantian plat atau replating adalah salah satu solusi untuk permasalahan pada kerusakan plat. Pada kapal MV. Meratus Barito selain penggantian plat, penambahan penegar (stiffener) juga dilakukan sebagai penguat di bulbous bow kapal. Dalam tugas akhir ini membahas tentang perbandingan perencanaan perhitungan kekuatan kostruksi dengan menggunakan perhitungan beban dan modulus penampang penegar dilanjutkan dengan perhitungan momen lentur, momen inersia yang dibutuhkan dan perhitungan tegangan sebelum dan setelah penambahan penegar. Sehingga diketahui perbandingan perencanaan perhitungan (menggunakan ukuran konstruksi yang sama dengan ukuran konstruksi sebelumnya) sebelum dan sesudah penambahan penegar. Dengan ini dapat diketahui persentase pengurangan tegangan yang terjadi pada gading yang ditambahkan dengan penegar yaitu pada gading 80 persentase pengurangan tegangan sebesar 21 % dan pada gading 81 sebesar 60 %. Kata kunci : bulbous bow, replating, penambahan stiffener, kekuatan konstruksi, metode proses pengelasan


Abstract

ABSTRACK A bulbous bow is a protruding bulb at the bow (or front) of a ship just below the waterline. The bulbous bow MV. Meratus Barito ship were damaged so that repairs is needed. Replating is a solution for plate damage problem.Beside replating, stiffener additioning also done in the MV. Meratus Barito ship as lasing in the bulbous bow ship. This final project focussed in comparison plan construction strength using load calculation and stiffener modulus calculation then calculation of the bending momen,then momen of inertia calculation which needed and calculation of the strains before and after stiffener additioning. So that, the comparison of calculation plan using the same construction measurement with previous construction measurement) before and after stiffener additioning is known. Thus it can be known the percentage of strains reduction in frame that is added with stiffener that is at frame 80 the percentage of strains reduction is 21 % and at frame 81 the percentage of strains reduction is 60 %. Key word : bulbous bow, replating, additions stiffener, strength of construction, method of welding process


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Fais Hamzah
Dosen Pembimbing 2 : Bambang Teguh Setiawan

Program Studi : D3 - TEKNIK BANGUNAN KAPAL
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.